Universitas Luar Negeri yang Ada Jurusan Bahasa Indonesia, Ini Daftarnya

YOGYAKARTA - Selain dipelajari di dalam negeri, Bahasa Indonesia juga menjadi program studi (prodi) di beberapa universitas di luar negeri. Tersedianya prodi Bahasa Indonesia di universitas luar negeri dikarenakan banyaknya peminat warga negara asing yang memiliki ketertarikan belajar bahasa Indonesia. Sebagai informasi, Bahasa Indonesia menempati urutan ke-9 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan. Orang-orang di berbagai belahan dunia pun mulai tertarik untuk belajar bahasa Indonesia. Lantas di mana saja universitas luar negeri yang ada jurusan Bahasa Indonesia?

Universitas Luar Negeri yang Ada Jurusan Bahasa Indonesia

Dilansir dari laman wadah edukatif bagi anak muda Creativa, berikut informasi universitas di luar negeri yang menyediakan jurusan Bahasa Indonesia:

Ilustrasi. (Pixabay)

Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan

Hankuk University di Korea Selatan diketahui sebagai universitas yang menyediakan prodi bahasa Indonesia. Mempelajari Bahasa Indonesia memang terlihat makin diminati oleh warga Korea Selatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya salah satu Universitas kajian bahasa asing terbaik negara ini yaitu Hankuk University of Foreign Studies, yang menyediakan jurusan khusus Bahasa Indonesia. Studi mengenai bahasa Indonesia bahkan terdapat di dua departemen berbeda. Langkah mempromosikan Bahasa Indonesia juga mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul.

Tokyo University for Foreign Studies, Jepang

Universitas selanjutnya yang menyediakan jurusan Bahasa Indonesia adalah Tokyo University di Jepang. Ada Program Studi Bahasa Indonesia di Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) yang mempunyai reputasi kuat di bidang riset tentang kajian bahasa dan isu internasional. Departemen ini menitikkan fokus kepada pengajaran bahasa kepada mahasiswa, misalnya preposisi ataupun grammar.

University of Melbourne, Australia

Secara geografis ataupun politik, Indonesia dan Australia memiliki kedekatan yang sangat baik. Banyak universitas di Australia yang menjadi tujuan pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Banyak universitas di Australia yang membuka program kajian Indonesia. Salah satunya yaitu University of Melbourne. Kajian Bahasa Indonesia di universitas ini ada di bawah naungan Faculty of Arts.

Leiden University, Belanda

Sama seperti Jepang, hubungan Indonesia dengan Belanda juga dekat karena keterikatan sejarah di masa lalu. Kedekatan ini membuat institusi pendidikan yang merasakan urgensi dari Bahasa Indonesia. Salah satunya yaitu Leiden University. Kajian Indonesia berada di Faculty of Humanities, tepatnya School of Asian Studies dan masuk dalam studi kawasan Asia dan Timur Tengah.

Jurusan yang disediakan Leiden University tersebut mengundang banyak mahasiswa Eropa untuk belajar bahasa dan kebudayaan Indonesia. Bahkan, kajian mengenai negara Indonesia sering dijadikan topik riset pilihan para mahasiswa.

University of Hawaii at Manoa, Hawai

University of Hawaii juga diketahui menyediakan jurusan bahasa Indonesia. Di kampus tersebut terdapat program studi Bahasa Indonesia yang berada di bawah naungan Departement of Indo-Pasific Languages and Literatures. Departemen ini menawarkan banyak program studi bagi mahasiswanya. Dari kebanyakan program studi yang ditawarkan, prodi Bahasa Indonesia menjadi salah satu yang populer.

Yale University, Amerika Serikat

Salah satu program studi yang ditawarkan di Yale University adalah Kajian Bahasa Indonesia atau Indonesia Language Studies yang terbagi dalam beberapa tingkatan. Seperti halnya University of Hawaii, tenaga pengajar yang ada di Indonesia Language Studies juga merupakan orang Indonesia asli. Selain Yale University, ada beberapa universitas lain di Amerika Serikat yang juga mempelajari Kajian Bahasa Indonesia. Antara lain Johns Hopkins University, Arizona State University, dan Colombia University.

SOAS University of London, Inggris

Salah satu program studi yang ditawarkan di SOAS University of London yaitu Indonesia Studies. Prodi ini juga dapat dikombinasikan dengan program studi lain. Sehingga, mahasiswa yang lulus akan menerima gelar di dua bidang, yaitu Indonesia dan program studi lain yang diambil.

Demikianlah ulasan tentang universitas luar negeri yang ada jurusan Bahasa Indonesia. Semoga ulasan ini bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.