Perluasan Ekspansi, Xpeng Hadir di Spanyol dan Portugal Rilis Tiga Model Ini

JAKARTA - Produsen mobil asal China yaitu Xpeng terus berekspansi ke pasar global, kini memperluas pasarnya di Eropa dengan peluncuran di Spanyol dan Portugal. 

Mengutip dari laman CNevpost, Senin, 30 September, jenama asal China ini langsung membawa tiga model sekaligus mulai dari model G9, G6, dan sedan P7. 

"Di Spanyol Xpeng menerima 650 reservasi untuk test drive saat hari peluncuran di Madrid pada 25 September," tulis pernyataan perusahaan. 

Untuk pasar Spanyol, Xpeng bermitra dengan Salvador Caetano, grup otomotif terbesar di Semenanjung Iberia. Nantinya, Xpeng akan membangun jaringan dealer di Spanyol mencangkup di beberapa wilayah, seperti Madrid, Barcelona, ​​Sevilla dan Malaga. 

Selain itu, Xpeng juga akan membangun jaringan enam dealer di Portugal, dengan target sampai akhir tahun mencapai 15 dealer hingga tahun 2025 mendatang. 

Seperti diketahui, Xpeng mengekspor sejumlah kendaraan ke Norwegia pada akhir tahun 2020, menandai peluncuran pertamanya di pasar Eropa. Perusahaan ini menghentikan ekspansinya di luar negeri pada paruh kedua tahun 2022, namun memulai kembali upaya tersebut pada awal tahun 2023.

"Spanyol, negara dengan ekonomi terbesar keempat di Uni Eropa, merupakan pilihan penting bagi produsen mobil Tiongkok yang ingin meningkatkan penjualan di luar negeri," tambah pernyataan perusahaan. 

Perusahaan juga mengungkapkan bahwa pasar mobil Portugal menunjukkan pertumbuhan penjualan yang kuat dalam beberapa tahun terakhir.