Setelah Down Selama Dua Jam, Layanan Spotify Kembali Online

JAKARTA - Spotify mengumumkan bahwa layanan streaming musik dan audionya sudah kembali online, setelah sebelumnya dikabarkan mengalami sedikit masalah layanan. 

Dalam postingan X terbarunya, akun Spotify memposting pada Minggu, 29 September yang mengatakan semuanya sudah lebih baik, setelah pada hari yang sama Spotify mengonfirmasi bahwa adanya laporan pengguna terkait aplikasi dan pemutar webnya bermasalah. 

“Semuanya tampak jauh lebih baik sekarang! Hubungi @SpotifyCares jika Anda masih memerlukan bantuan,” tulis akun tersebut. 

Masalah tersebut muncul diperkirakan pukul 11 AM waktu setempat, dan menurut Downdetector masalah ini sempat bertahan selama kurang lebih dua jam. 

Kemudian setelah adanya laporan masalah tersebut, pada pukul 12.14 waktu setempat, Spotify memposting, “Kami menyadari beberapa masalah saat ini dan sedang memeriksanya!” 

Sementara itu, bagian komentar Downdetector berubah menjadi obrolan grup yang tidak terkendali. Beberapa pengguna mengaku mengalami masalah dengan pemutar web sekitar pukul 13.15, tetapi semuanya tampaknya telah teratasi sekarang.

Berdasarkan pantauan VOI di halaman Downdetector, banyak pengguna yang mengeluhkan masalah tersebut. Salah satu akun @XArthurDent mengatakan gangguan layanan ini setidaknya berdampak ke 40.000 pengguna Spotify, khususnya di Amerika Serikat. 

“Pengguna menghadapi kesulitan dengan aplikasi desktop dan seluler, mengalami pesan kesalahan dan tidak dapat memutar musik atau mengakses podcast,” tulisnya.