CBNCloud Ungkap Pentingnya Inovasi Teknologi untuk Masa Depan Manufaktur Indonesia

JAKARTA - CBNCloud menghadirkan CBNCloud Connect untuk memperkenalkan teknologi terbaru kepada para pemimpin industri, guna meningkatkan efisiensi dan daya saing di pasar global. Upaya itu dihadirkan dalam rangka menyambut visi Indonesia Emas 2045.

General Manager CBNCloud Natalia Dwi Arientowati menekankan pentingnya kolaborasi dan penerapan teknologi dalam menghadapi tantangan global.

Menurutnya, pihaknya tidak hanya mengedukasi teknologi cloud, tetapi juga sebuah ekosistem solusi komprehensif yang mencakup koneksi internet, keamanan data, dan infrastruktur yang disesuaikan dengan kebutuhan industri manufaktur.

"Harapan kami, CBNCloud Connect dapat menjadi wadah kolaborasi yang membantu perusahaan-perusahaan dalam mempercepat transformasi digital mereka, menciptakan operasi yang lebih efisien dan aman,” ujarnya dalam keterangan, Minggu, 27 September.

Natalia menyampaikan, CBNCloud berkomitmen untuk mendukung sektor manufaktur dalam menghadapi era digital. Transformasi digital bukan lagi sebuah pilihan, tetapi suatu keharusan untuk tetap relevan dan kompetitif di kancah global.

"Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 melalui adopsi teknologi yang tepat dan inovatif," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Cloud Architect di CBNCloud Vanda Anggi Liani memaparkan strategi komprehensif untuk menghadapi ancaman siber dan pentingnya penerapan cloud dalam operasional perusahaan dimana keamanan siber saat ini menjadi perhatian utama di industri manufaktur, terutama dalam mengamankan operasional pabrik.

Menurut Vanda dengan solusi seperti Backup Data & Disaster Recovery, Email Security, dan perlindungan menyeluruh melalui Network & Security seperti Firewall, Intrusion Detection/Prevention System (IDS/IPS), dan Web Application Firewall (WAF), teknologi cloud memberikan kemampuan bagi perusahaan untuk melindungi diri dari ancaman siber.

"Cloud computing tidak hanya menawarkan fleksibilitas operasional, tetapi juga perlindungan berlapis yang lebih canggih,” tuturnya.

Sedangkan, Principal Cloud Consultant di PT EDTS David Krisna menjelaskan bagaimana Google Cloud memberikan solusi keamanan dan efisiensi bagi industri manufaktur dimana Google Cloud telah terbukti sebagai platform yang sangat fleksibel dan aman untuk membantu perusahaan manufaktur mengelola data mereka dengan lebih efektif.

"Fitur-fitur dari Gemini-AI, kemudian terdapat enkripsi end-to-end, pemantauan berbasis AI, dan pengelolaan infrastruktur otomatis dirancang untuk meminimalisir risiko kebocoran data, sembari meningkatkan kecepatan operasional," tuturnya.

Menurut David kni sangat relevan untuk industri manufaktur yang memerlukan ketepatan dan kecepatan dalam proses operasional. Sebagai Google Premier Partner, pihaknya di PT EDTS sangat fokus pada penerapan solusi-solusi ini guna mendukung keberlangsungan operasional dan keamanan data.

Sedangkan, Head of Business dari NEX Data Center Erni menyoroti pentingnya infrastruktur yang andal dan terkelola dengan baik untuk mendukung pertumbuhan industri. Adapun di NEX Data Center yang telah berkomitmen selama lebih dari 15 tahun untuk memberikan layanan yang andal dengan SLA 99,98 persen.

"Kami terus meningkatkan infrastruktur dengan menerapkan Data Center Infrastructure Management (DCIM) yang memungkinkan pemantauan otomatis terhadap performa infrastruktur, sehingga kami dapat memastikan bahwa kebutuhan operasional pelanggan dipenuhi dengan cepat dan akurat," ujarnya.

Erni menyampaikan dengan peningkatan keamanan fisik dan sistem akses yang ketat serta memberikan respons yang cepat dan akurat terhadap permintaan dan keluhan pelanggan melalui berbagai saluran, termasuk Aplikasi NEX. Pihaknya percaya bahwa data center akan terus bertumbuh dan berkembang dalam mendukung setiap bisnis.

Selanjutnya AVP Corporate Solutions di CBN Yura Adi menekankan peran vital koneksi internet dan layanan IP dalam mendukung ekosistem digital dimana internet adalah tulang punggung dari setiap transformasi digital, dan di CBN, pihaknya menyediakan solusi Internet berkecepatan tinggi dan IP transit yang andal untuk mendukung aktivitas manufaktur.

"Selain itu, dengan perlindungan DDoS yang komprehensif untuk melindungi jaringan dari serangan yang dapat mengganggu operasional pabrik," ucapnya.

Yura menjelaskan layanan managed services yang juga dapat dimanfaatkan, termasuk SD-WAN, memberikan fleksibilitas bagi perusahaan untuk mengelola jaringan dengan lebih efisien, memastikan operasional bisnis tetap berjalan lancar di tengah tantangan digital.