Apple Luncurkan Seri iPhone 16 di 21 Negara Baru, Indonesia Belum Termasuk

JAKARTA – Periode pre-order untuk seri iPhone 16 telah dibuka sejak 13 September lalu. Tak lama setelah periode pemesanannya dibuka, ponsel ini mulai tersedia di lebih dari 50 negara pada 20 September lalu.

Perangkat ini tersedia untuk pertama kalinya di Apple Store AS, Kanada, Jepang, China, Korea Selatan, dan puluhan negara lainnya. Puluhan Apple Store di berbagai negara tersebut langsung mendapatkan antrean masuk yang panjang untuk mengambil atau membeli seri iPhone 16.

Kini, Apple telah merilis perangkat tersebut di puluhan negara lainnya. Mengutip dari laporan 9to5mac, seri iPhone 16 telah diperluas pada Jumat, 27 September lalu ke 21 negara baru. Negara tersebut mencakup Brasil, Georgia, Makau, Vietnam, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, Apple belum mengumumkan kapan perangkat baru yang dilengkapi Apple Intelligence itu akan masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, harga jual untuk seri iPhone 16 di Indonesia masih belum diketahui dengan pasti.

Namun, melihat dari harga jual di AS, iPhone 16 dibanderol dengan harga 779 dolar AS (Rp11,7 juta). Jika berkaca dari beberapa generasi iPhone sebelumnya, seri iPhone 16 mungkin akan dijual mulai Rp13 jutaan di Indonesia.

Selain merilis iPhone 16 di Apple Store yang berada di puluhan negara, Apple juga merilis beberapa perangkat wearable terbarunya, yaitu AirPods 4, AirPods Max, Apple Watch Series 10, dan Apple Watch Ultra 2.