Bagikan:

JAKARTA – Ming-Chi Kuo, analis Apple yang cukup terkenal, mengatakan bahwa Vision Pro generasi terbaru akan menggunakan chip M5. Kabar ini dibagikan oleh Kuo pada Jumat, 27 September melalui platform Medium.

Kuo menjelaskan bahwa nilai jual Vision Pro terbaru akan sama seperti perangkat Apple lainnya yang belum lama ini dirilis, yaitu penggunaan Apple Intelligence. Teknologi komputer spasial ini akan dilengkapi berbagai fitur canggih berbasis Kecerdasan Buatan (AI).

"Perubahan perangkat keras utama adalah peningkatan prosesor ke M5 (saat ini M2) untuk meningkatkan daya komputasi secara signifikan dan memastikan pengalaman terbaik bagi pengguna Apple Intelligence," kata Kuo, dikutip dari laporannya.

Vision Pro dengan chip M5 akan diproduksi secara massal mulai paruh kedua tahun depan. Menurut Kuo, spesifikasi dan desain dari generasi kedua ini tidak akan mengalami banyak perubahan karena Apple masih berupaya menurunkan harga perangkat.

Dengan adanya Apple Intelligence di M5, perangkat ini diharapkan dapat menghadirkan peningkatan dalam pengalaman pengguna. Namun, akan lebih baik lagi jika perangkat ini terintegrasi dengan audio AI seperti Sora milik OpenAI, menurut Kuo.

Dari segi rantai pasokan, Vision Pro dengan chip M5 akan diproduksi dalam jumlah yang sama seperti generasi sebelumnya. Hal ini dinilai dapat terjadi berkat Zhaowei, pemasok Apple yang baru, karena membawa pandangan yang lebih positif bagi investor.

"Pemasok Apple baru seperti Zhaowei kemungkinan akan menarik lebih banyak perhatian investor. Tidak terpengaruh oleh penjualan produk yang ada, pemasok baru ini mungkin berada pada posisi yang lebih baik untuk mencerminkan tren positif dalam Vision Pro," jelas Kuo.