Waktu terbaik untuk Memesan Tiket Pesawat, Dapatkan Harga Murah

YOGYAKARTA - Ketika akan bepergian menggunakan maskapai penerbangan, pastinya kita ingin bisa mendapatkan tiket dengan harga murah. Banyak orang berburu tiket pesawat murah demi menghemat pengeluaran. Jika Anda juga menginginkannya, ketahui waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat. 

Harga tiket pesawat biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti hari keberangkatan, musim perjalanan, dan waktu pemesanan. Namun banyak yang belum tahu bahwa memesan tiket di waktu-waktu tertentu bisa memungkinkan Anda mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Dengan perencanaan yang matang dan mengetahui kapan harus memesan tiket, Anda bisa menghemat biaya perjalanan. Lantas kapan waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat agar mendapatkan harga miring?

Waktu Terbaik untuk Memesan Tiket Pesawat

Memesan tiket pesawat memang seringkali memerlukan strategi tersendiri untuk bisa memperoleh harga tiket yang lebih terjangkau. Berikut ini tips waktu terbaik memesan tiket pesawat agar mendapat harga murah: 

Pesan Tiket 2-3 Bulan Sebelum Keberangkatan

Salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau adalah memesan tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Idealnya, waktu terbaik untuk memesan tiket adalah 2 hingga 3 bulan sebelum rencana perjalanan. 

Pada rentang waktu ini, maskapai biasanya mulai membuka harga tiket yang lebih murah sebelum harga melonjak mendekati tanggal keberangkatan. Semakin dekat dengan hari H, harga tiket cenderung naik, terutama jika permintaan sedang tinggi.

Memesan Tiket di Hari Kerja

Waktu ideal untuk membeli tiket pesawat adalah pada hari kerja, biasanya antara Senin hingga Jumat. Pada hari-hari tersebut, harga tiket pesawat cenderung lebih rendah sekitar 3-6% dibandingkan dengan hari lainnya. 

Pesan Tiket di Waktu Low Season

Waktu terbaik berikutnya untuk membeli tiket pesawat adalah dengan memesan saat low season. Dengan cara ini, kamu dapat menghindari lonjakan harga tiket yang biasanya terjadi selama high season, seperti liburan sekolah atau hari raya.

Namun jika kamu tetap ingin bepergian pada high season, kamu bisa mendapatkan tiket murah untuk penerbangan domestik dengan memesan sekitar 3-7 bulan sebelum keberangkatan. Sementara itu untuk penerbangan internasional saat high season, sebaiknya memesan tiket sekitar 4-10 bulan sebelum jadwal perjalanan.

Pesan Tiket di Waktu Tengah Malam atau Subuh

Beberapa situs pemesanan tiket dan maskapai cenderung memperbarui harga pada tengah malam, terutama pada hari Selasa dan Rabu. Pada saat ini, harga tiket yang lebih murah mungkin akan tersedia untuk beberapa jam sebelum harga kembali normal.

Selain itu, Anda juga disarankan membeli tiket pesawat saat subuh menjelang pagi. Pada waktu ini, jumlah pembeli tiket cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan jam-jam lainnya, sehingga harga tiket biasanya lebih terjangkau.

Memesan Tiket saat Travel Fair

Waktu ideal berikutnya untuk membeli tiket pesawat adalah ketika ada acara travel fair. Pada acara ini, maskapai biasanya menawarkan berbagai promo dan diskon menarik untuk tiket penerbangan. 

Namun sebelum mengikuti travel fair, pastikan kamu sudah menentukan tujuan serta jadwal keberangkatan agar siap bersaing dengan banyak orang yang juga sedang mencari tiket pada periode tersebut.

Memesan Tiket saat Tanggal Kembar

Waktu yang tepat lainnya untuk membeli tiket pesawat adalah pada tanggal kembar. Banyak maskapai memberikan promo khusus pada hari-hari dengan tanggal unik, seperti tanggal 11 atau 22. Selain potongan harga, maskapai seringkali menawarkan promo tambahan berupa fasilitas ekstra seperti bagasi lebih banyak atau peningkatan kelas penerbangan.

Membeli Tiket dalam Satu Waktu

Waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat bagi rombongan adalah dengan memesan tiket secara terpisah. Jika tiket untuk rombongan dipesan sekaligus dalam satu transaksi, maskapai cenderung mengelompokkannya menjadi satu paket yang berpotensi menaikkan harga.

Sebaliknya, dengan melakukan pemesanan secara individual, beberapa anggota rombongan masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih terjangkau.

Demikianlah tips waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat agar mendapatkan harga murah. Dengan waktu pembelian yang tepat, Anda bisa memperoleh tiket pesawat dengan harga lebih terjangkau sehingga dapat menghemat ongkos perjalanan. Baca juga tips aman saat turbulensi, jangan panik!

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.