5 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Sampai ke Perut

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda merasakan sakit pinggang di sebelah kiri sampai ke perut? Jika pernah, Anda mungkin penasaran dengan penyebanya.

Masalah kesehatan ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti kram perut, diverkulitis, hingga gangguan ginjal.

Sebagian besar kasus nyeri pinggang di sebalah kiri sampai ke perut tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Meski begitu, kondisi ini tidak boleh dianggap remeh, terlebih jika gejala yang muncul tidak mereda setelah mendapatkan perawatan rumahan.

Penyebab Sakit Pinggang di Sebelah Kiri Sampai ke Perut

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit pinggang di sebelah kiri sampai ke perut:

  1. Kram perut

Salah satu kondisi yang bisa menyebabkan sakit pinggang di sebalah kiri sampai ke perut adalah kram perut. Kondisi ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti perut kembung, flu perut, keracunan makanan, disminorea, hingga intoleransi laktosa.

Kram perut umumnya tidak termasuk ke dalam masalah kesehatan yang serius. Akan tetapi, jika berlangsung selama lebih dari 1 hari dan sering kambuh, ini bisa jadi pertanda kondisi medis yang membutuhkan penanganan dari dokter.

  1. Gas di saluran pencernaan

Adanya gas yang berlebih di saluran pencernaan juga bisa menyebabkan sakit pinggang di sebelah kiri sampai ke perut.

Gas di sistem gastrointestinal terbentuk dari hasil pemecahan makanan tertentu oleh bakter. Sejumlah makanan, terutama karbohidrat yang tidak tercerna dan terserap di usus kecil akan masuk ke usus besar. di usus besar, bakteri akan memecah makanan dan menghasilkan gas yang akan dikeluarkan dalam bentuk kentut.

Akan tetapi, terlalu gas di sistem saluran cerna bisa membuat perut kembung. Kondisi ini akan memberikan rasa sesak dan penuh di perut. Perut kembung termasuk salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri dekat pinggang.

  1. Sembelit

Semua orang pasti pernah mengalami sembelit, setidaknya sekali seumur hidup. Sembelit adalah sebuah kondisi dimana kotoran menumpuk di usus besar dan menyebabkan makanan mengendap lebih lama di usus.

Nah, makanan dan kotoran yang tertahan lama di usus besar bisa membuat perut menjadi kembung hingga sakit perut sebelah kiri dekat pinggang.

  1. Divertikulitis

Menyadur AI-Care, divertikulitis merupakan infeksi atau peradangan yang terjadi pada diverticula, kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan.

Divertikulitis dapat menimbulkan nyeri di pinggang sebelah kiri hingga ke perut. Nyeri ini dapat hilang timbul berkaitan dengan perubahan gerakan usus.

  1. Batu ginjal

Batu ginjal atau nefrolitiasis merupakan endapan mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan gejala jika batu berjumlah sedikit dan berukuran kecil.

Akan tetapi, batu ginjal yang menumpuk bisa menyumbat ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih).

Ketika batu ginjal menyumbat ureter, aliran urine akan terhalang dan menyebabkan ginjal membengkak. Kondisi ini bisa memunculkan rasa sakit yang menusuk di bagian bawah tulang rusuk. Penderitanya juga akan merasakan rasa sakit yang menjalar ke perut.

Demikian informasi tentang penyebab sakit pinggang di sebalah kiri sampai ke perut. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.