5 Alasan Wisata Alam Menjadi Favorit saat Libur Panjang

YOGYAKARTA - Wisata alam sepertinya menjadi jawabannya atas kebosanan dengan hiruk pikuk kota. Lantas, apa alasan wisata alam menjadi favorit saat libur panjang?

Pesona alam yang memukau dan beragam aktivitas yang dapat dilakukan menjadi daya tarik tersendiri. Namun, apa sebenarnya yang membuat wisata alam begitu populer?

Alasan Wisata Alam Menjadi Favorit saat Libur Panjang

Dilansir dari laman Forever Break, berikut ini beberapa alasan kenapa alam menjadi favorit:

  • Sensasi Baru

Perjalanan alam menawarkan sensasi penemuan hal-hal baru, atau setidaknya, sesuatu yang hanya sedikit orang telah melihat secara langsung. Selain itu, ada sesuatu yang istimewa Anda untuk mengalami momen-momen langka alam secara langsung.

  • Alam itu Indah

Meskipun kota-kota besar mungkin membanggakan gedung langit pencakar langit yang mengesankan, namun tetap tidak ada yang seindah alam. Siapa saja akan sulit untuk tidak terpesona di hadapan padang rumput, lanskap pantai emas saat matahari terbit, atau ngarai batu merah yang luas.

Kehadiran alam yang memikat berasal dari kenyataan bahwa alam itu hidup, kuat, dan terus berubah. Sebagai contoh gletser menjadi begitu spektakuler karena cara kerjanya mengukir batu dan membentuk lembah.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Apa Itu Hustle Culture? Ini Pengertian, Sejarah, Contoh, Dampak Negatif, hingga Cara Mencegahnya

  • Aktivitas Fisik Terbangun

Sebagian besar liburan alam melibatkan beberapa tingkat kebugaran. Jika Anda melakukan perjalanan, maka liburan Anda juga merupakan olahraga. Beberapa aktivitas yang direkomendasikan termasuk snorkeling, scuba diving, berselancar, atau paddleboarding.

Aktivitas fisik terbangun di alam (freepik)
  • Menjaga Suasana Hati dan Kesehatan yang Lebih Baik

Manfaat perjalanan alam tidak berhenti pada peningkatan kebugaran Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa berada di luar ruangan, bahkan hanya untuk waktu singkat, dapat meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi stres.

Liburan di alam dapat menimbulkan perasaan yang menyenangkan dan mengurangi keadaan mental negatif serta emosi seperti marah, putus asa, kecemasan, dan ketakutan.

Kemudian pada gilirannya, perubahan positif pada suasana hati Anda dapat meningkatkan kesehatan fisik, khususnya sistem endokrin, saraf parasimpatik, dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Nah, jika Anda aktif selama liburan alam, kemungkinan Anda akan mengalami dorongan endorfin yang membantu mengurangi stres dan kecemasan lebih lanjut.

Menariknya, beberapa manfaat liburan alam tersebut dapat diperoleh hanya setelah setengah jam Anda ada di alam. Jadi bayangkan betapa lebih baiknya perasaan Anda jika seluruh liburan Anda dihabiskan di tengah alam.

  • Alam Sangat Damai

Salah satu bagian terbaik dari berkemah adalah bangun tidur di pagi hari hanya dengan suara kicau burung. Tidak ada jam alarm yang memberi tahu Anda kapan harus bangun, tidak ada terburu-buru untuk pergi ke kantor, tidak ada suara bising yang mengganggu dari lalu lintas, dan tidak ada keramaian.

Hal-hal yang cenderung memberi kita sakit kepala dan berbagai hiruk pikuk kota tidak ada di alam. Beberapa orang yang sering menghabiskan waktu libur di alam akan setuju, ketika mereka keluar dari kota dan menuju ke pantai atau gunung maka akan langsung merasa stres hilang atau mencair.

Selain alasan wisata alam menjadi favorit saat libur panjang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!