Giliran Houthi Yaman Serang Israel, Satu Rudal Dicegat

JAKARTA - Kelompok Houthi di Yaman melakukan serangan menargetkan kota Tel Aviv dan Ashkelon di Israel dengan rudal balistik dan pesawat tak berawak untuk mendukung Gaza dan Lebanon.

Tentara Israel mengatakan mereka telah mencegat satu rudal yang ditembakkan dari Yaman setelah sirene dan ledakan terdengar pada Jumat, 27 September pagi.

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengatakan operasi mereka tidak akan berhenti dalam beberapa hari mendatang sampai serangan Israel di Gaza dan Lebanon berhenti.

“Kami akan melakukan lebih banyak operasi militer melawan musuh Israel sebagai kemenangan atas darah saudara-saudara kami di Palestina dan Lebanon,” kata Yahya dalam pidato yang disiarkan televisi dilansir Reuters.

Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 600 orang di Lebanon sejak Senin, 23 September, dengan konflik antara Israel dan Hizbullah yang didukung Iran mencapai titik paling intens dalam lebih dari 18 tahun.

Hizbullah telah menembakkan roket ke Israel selama hampir satu tahun untuk mendukung sekutunya Hamas, yang memerangi Israel di Gaza.