Jelang Paripurna Akhir Periode, Puan Harap DPR Berikutnya Terus Berbenah Diri

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan harapannya jelang rapat paripurna terakhir DPR RI periode 2019-2024 sekaligus pergantian anggota DPR ke periode 2024-2029. Puan berharap, anggota dewan di periode berikutnya bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Tentu saja, insya Allah nantinya pada periode yang akan datang, lembaga DPR ini harus terus memperbaiki dirinya,” ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 27 September. 

Sebagai informasi, DPR RI periode 2019-2024 akan menggelar rapat paripurna terakhir pada Senin, 30 September. Sementara pelantikan anggota DPR RI periode 2024-2029 akan berlangsung pada Selasa, 1 Oktober. 

Puan mengapresiasi kinerja DPR yang selama lima tahun ini ada peningkatan kerja dan citra. Ia menyebut, DPR di bawah kepemimpinanya bekerja secara bergotong royong dan diapresiasi oleh masyarakat.

“Jadi, terima kasih kepada masyarakat bahwa kerja-kerja konstitusional di lembaga legislatif ini kemudian mendapatkan apresiasi bahwa masih ada kekurangan-kekurangan,” ungkapnya.

Ketua DPP PDIP ini menilai, gotong-royong menjadi salah satu cara bagaimana DPR RI menjalankan tugas dan fungsinya bersama secara kolektif-kolegial. Menurut Puan, harus ada komitmen bersama diantara semua partai atau perwakilan partai, yaitu fraksi yang ada di DPR untuk dapat melaksanakan tugas-tugas DPR-nya, yaitu fungsi legislatif, anggaran dan pengawasannya secara bersama.

“Kalaupun kemudian secara fungsi legislasinya masih ada kekurangan, fungsi legislasi itu dilakukan bersama-sama, bukan hanya DPR saja, tapi juga melalui pemerintah. Dan kalaupun kemudian hal itu sudah dilakukan melalui mekanisme yang ada, secara terukur, dan dilakukan dengan sebaik-baiknya, dan mungkin masih ada kekurangan, tentu saja karena memang kolektif-kolegial, mekanismenya sudah dilakukan dengan perdebatan yang saya rasa sudah cukup konsisten dan cukup padat, tentu saja ke depan harus tetap diperbaiki,” ucapnya.

Meski demikian, Puan berharap DPR RI periode berikutnya bisa terus memperbaiki diri mereka. Ia menyatakan DPR RI akan terus berada di sisi rakyat dan tetap mendengarkan aspirasi mereka.

“Dan saya berharap bahwa karena memang sudah dilakukan secara aturan dan mekanisme yang ada, ya ke depan mungkin memang perlu ada perbaikan-perbaikan, dan saran-saran atau masukan tentu saja akan kami dengarkan,” pungkasnya.