Daftar 20 Pebulu Tangkis Indonesia untuk Kejuaraan Dunia Junior 2024

JAKARTA – Indonesia mengirim sebanyak 20 atlet untuk tampil di Kejuaraan Dunia Junior 2024 yang akan berlangsung pada awal pekan depan di China.

Rangkaian ajang ini dimulai dengan turnamen beregu campuran Piala Suhandinata 2024 pada tanggal 30 September hingga 5 Oktober 2024 dilanjutkan nomor perorangan pada 7-13 Oktober 2024.

Tim bulu tangkis Indonesia bertolak ke Negeri Tirai Bambu pada Jumat, 27 September 2024, pagi WIB. Rombongan yang berangkat terdiri dari 10 atlet putra, 10 atlet putri, dan plus tim pendukung.

Pelatih ganda campuran, Muhammad Rijal, mengatakan bahwa rombongan dalam keadaan sudah siap tertanding untuk ajang yang akan menggunakan format skor baru relay point itu.

"Terkhusus di ganda campuran, kami sudah mempersiapkan diri selama kurang lebih tiga bulan. Serangkaian latihan dari teknik, fisik, dan segi kesehatan semua kami jaga dengan bagus," kata Rijal.

Format baru sistem skor yang akan diterapkan itu adalah relay point dengan total 110 poin. Hal ini berbeda sekali dengan bulu tangkis yang selama ini identik dengan skor 21 x 3.

Sistem ini membuat satu pertandingan diisi 10 partai yang terdiri dari dua sektor tunggal putra, dua tunggal putri, dua ganda putra, dua ganda putri, dan dua ganda campuran.

Pertandingan partai pertama mencari 11 poin dengan rally point tanpa setting, sementara pertandingan partai kedua dan seterusnya akan berlaku kumulatif.

"Dengan perubahan format skor yang jadi lebih pendek, kami harus langsung fokus dengan poin per poinnya. Mengurangi mati-mati sendiri," kata pemain ganda putra Wahyu Agung Prasetyo.

Pemain ganda putri Rinjani Kwinara Nastine mengatakan bahwa perubahan format ini tidak memengaruhi tujuan mereka membawa Indonesia menjadi juara.

"Dengan skor 11 ini kami harus benar-benar siap secara mental dan fokus. Dari awal harus menyerang istilahnya. Harapan kami pastinya ingin membawa tim Indonesia juara," kata dia.

Skuad Indonesia di Piala Suhandinata 2024

Putra

  1. Bismo Raya Oktora
  2. Moh. Zaki Ubadillah
  3. Hendry Leander
  4. Richie Duta Richardo
  5. Dexter Farrell
  6. Wahyu Agung Prasetyo
  7. Anselmus Breagit Fredy Prasetya
  8. Pulung Ramadhan
  9. Darren Aurelius
  10. Taufik Aderya

Putri

  1. Mutiara Ayu Puspitasari
  2. Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi
  3. Kavitha Nadjwa Aulia
  4. Sausan Dwi Ramadhani
  5. Isyana Syahira Meida
  6. Rinjani Kwinara Nastine
  7. Riska Anggraini
  8. Salsabila Zahra Aulia
  9. Bernadine Anindya Wardana
  10. Clairine Yustin Mulia