Ketua DKPP Curhat Ingin Punya Kantor Perwakilan di Daerah

BOGOR - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito mengatakan pihaknya ingin memiliki kantor perwakilan di tiap provinsi. Keinginan ini disebutnya sudah diajukan kepada pemerintah.

“Mimpi kami mempunyai kantor perwakilan DKPP dan itu sudah kami ajukan ke pemerintah dan prosesnya masih di Kementerian PANRB,” kata Heddy kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat yang dikutip pada Jumat, 27 September.

Heddy mengatakan saat ini DKPP hanya mengajukan kantor perwakilan di wilayah timur, tengah, dan barat. Tapi, ke depannya, lembaga ini berharap punya perwakilan di setiap provinsi.

Sementara dalam kesempatan terpisah, Heddy menyebut DKPP perlu punya kantor perwakilan di kawasan Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera. Setidaknya ada sejumlah pertimbangan, salah satunya adalah masalah geografis.

“Saudara-saudara kita di Papua kalau harus mengadu ke Jakarta sangat jauh,” tegasnya.

“Tapi perkembangan berikutnya kalau melihat penanganan perkara demikan banyak, ya, kita harus ada di setiap provinsi dan … harus diakomodir lewat undang-undang. Kalau undang-undang tidak mengakomodir, ya, enggak bisa,” pungkas Heddy.