Meta Akan Luncurkan Fitur Pengingat dan Penerjemahan di Kacamata Pintar Ray-Ban

JAKARTA – Selain memperkenalkan kacamata Realitas Virtual (VR) dan headset Quest 3S, Meta juga membahas kacamata pintar Ray-Ban Meta di acara Connect. Perusahaan itu mengumumkan berbagai fitur baru.

Salah satu fitur yang diperkenalkan adalah Pengingat, fitur yang dibuat untuk mengingatkan hal-hal tertentu. Cara kerja dari fitur ini sederhana. Pengingat akan memotret apa yang dilihat pengguna, lalu mengingatkan pengguna tentang hasil fotonya melalui ponsel.

Selain itu, ada juga fitur untuk memindai kode QR dan menghubungi nomor yang sedang dilihat dari kacamata. Kedua fitur ini terhubung dengan ponsel sehingga pengguna tidak perlu lagi membuka fitur memindai kode QR atau mencatat nomornya secara manual.

Meta juga menjelaskan tentang sistem terjemahan di kacamata pintar tersebut. Dalam waktu singkat, Ray-Ban Meta bisa menerjemahkan beberapa bahasa dengan memindai gambar diam. Perangkat ini akan menerjemahkan teks secara real-time melalui speaker di kacamata tersebut.

Pihak perusahaan tidak mengungkapkan kapan fiturnya akan dirilis. Namun, perusahaan itu menjelaskan bahwa penerjemahan real-time akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang untuk bahasa Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol.

Dalam kesempatan yang berbeda, dilansir dari The Verge, Juru Bicara Meta, Elana Widmann, mengatakan bahwa fitur pengatur waktu juga akan tersedia di kacamata pintar tersebut. Sepertinya, fitur ini akan dirilis bersama fitur Kecerdasan Buatan (AI) lainnya.

Fitur lainnya yang sempat disinggung Meta adalah dukungan pemrosesan video secara real-time sehingga kacamata Ray-Ban bisa langsung memahami apa yang sedang pengguna lihat. Fitur ini tidak akan rilis hingga akhir tahun.