iPhone 16 Dilengkapi Port USB-C, Berikut Semua Kemampuan Baru yang Wajib Kamu Ketahui

JAKARTA - iPhone 16 telah resmi menggantikan konektor Lightning dengan port USB-C di semua modelnya. Perubahan ini membuka berbagai kemampuan baru, khususnya bagi pengguna iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max yang kini mendukung kecepatan transfer data lebih cepat hingga 10 Gbps melalui port USB 3. Berkat USB-C, pengguna kini dapat dengan mudah menghubungkan berbagai aksesori dan periferal, seperti layar eksternal, penyimpanan tambahan, kamera, dan mengisi daya menggunakan satu kabel yang sama untuk berbagai perangkat lainnya.

Dengan iPhone 16, pengguna kini bisa mengisi daya semua perangkat Apple yang menggunakan USB-C, seperti iPad, Mac, dan remote Apple TV generasi terbaru. Tak hanya itu, iPhone 16 juga dilengkapi dengan kabel USB-C berkualitas yang mendukung pengisian daya. Untuk pengisian daya maksimal, iPhone 16 dapat diisi hingga 50% dalam waktu 30 menit menggunakan adaptor daya 30 watt. Pengguna juga dapat menggunakan adaptor berdaya lebih tinggi, seperti milik MacBook, untuk mengisi daya lebih cepat.

Keunggulan lain dari port USB-C pada iPhone 16 adalah kemampuannya untuk mengisi daya perangkat lain. Dengan output daya sekitar 4,5 watt, iPhone 16 dapat digunakan sebagai power bank mini untuk mengisi daya AirPods atau bahkan iPhone lain hanya dengan menghubungkan kedua perangkat melalui kabel USB-C.

Port USB-C pada iPhone 16 juga memungkinkan pengguna menghubungkan perangkat ke layar eksternal melalui kabel USB-C ke HDMI. Dengan fitur ini, pengguna dapat menampilkan layar iPhone di monitor atau TV 4K dengan mudah. Jika ingin menggunakan layar eksternal untuk sesi panjang, seperti bermain game, disarankan untuk menggunakan adaptor Apple USB-C Digital AV, yang memungkinkan koneksi HDMI, pengisian daya, dan USB-C secara bersamaan.

Bagi yang sering bepergian dan ingin menyimpan foto atau video dari kamera, pengguna dapat langsung menghubungkan hard drive eksternal atau pembaca kartu SD ke iPhone 16. File-file ini dapat dikelola melalui aplikasi Files di iPhone. Selain itu, pengguna iPhone 16 Pro juga dapat merekam video ProRes 4K pada 120 FPS langsung ke penyimpanan eksternal melalui koneksi USB 3, yang sangat berguna untuk file video besar dengan ukuran hingga gigabyte per menit rekaman.

Port USB-C di iPhone 16 mendukung hampir semua aksesori plug-and-play tanpa memerlukan driver atau pengaturan tambahan. Pengguna dapat menghubungkan keyboard USB, mikrofon mini USB-C untuk merekam podcast, atau bahkan menggunakan adaptor USB-C ke Ethernet untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Selain itu, musisi yang menggunakan keyboard MIDI dapat dengan mudah membuat musik di mana saja menggunakan aplikasi seperti GarageBand.

Headphone Berkabel dan Hub Multi-Port

Meski banyak orang telah beralih ke headphone nirkabel, pengguna yang masih setia dengan headphone berkabel kini dapat dengan mudah menggunakan headphone USB-C pada iPhone 16. Headphone USB-C ini juga kompatibel dengan perangkat lain seperti iPad dan Mac yang memiliki port serupa.

Port USB-C juga memungkinkan penggunaan hub multi-port untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan secara bersamaan. Contohnya, hub 5-in-1 dari Anker yang mendukung koneksi ke layar eksternal, aksesori USB, dan pengisian daya melalui satu port USB-C. Meskipun begitu, perlu diperhatikan bahwa iPhone 16 hanya dapat memberikan daya maksimal sebesar 4,5 watt, sehingga jika menggunakan aksesori yang membutuhkan daya lebih besar, pengguna perlu menambahkan sumber daya eksternal.

Dengan fitur-fitur baru ini, port USB-C pada iPhone 16 menjadikannya lebih fleksibel dan serbaguna, memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih banyak hal dengan satu perangkat.