Toyota Hilux Generasi Terbaru Bakal Punya Mesin 2,0 Liter Terbaru, Apa Keunggulannya?

JAKARTA - Toyota telah mengonfirmasi bahwa Hilux generasi terbaru akan hadir dengan kejutan besar dan siap menggebrak pasar kendaraan pikap.

Masih belum ada kejelasan resmi mengenai Hilux terbaru, namun Toyota memastikan akan memperjuangkan eksistensi pikap tersebut dan menjanjikan akan ada berita besar soal model ini.

Baru-baru ini, Hilux terbaru dikabarkan akan hadir dengan mesin lebih bertenaga dibandingkan sebelumnya dan mengusung 4-silinder 2,0 liter turbocharged terbaru bertenaga 224 kW.

Menurut lansiran Drive, Kamis, 26 September, mesin yang akan dipasang di mobil Hilux berasal dari keluarga 4-silinder terbaru yang dipamerkan pada Mei lalu saat acara komitmen Toyota dalam mengembangkan mesin bebas karbon bersama Mazda dan Subaru.

Dalam acara tersebut, para media luar dipersilahkan mengendarai Hilux dengan mesin bensin 2,0 liter turbo dengan tenaga sekitar 224 kW dipadukan dengan transmisi manual enam percepatan. Dilaporkan redline untuk mesin ini mencapai 6.200 rpm.

Dilaporkan mesin tersebut dapat memberikan akselerasi ringan saat pertama kali menginjak gas dan tidak mengalami turbo lag, sehingga mobil berjalan mulus dan menyenangkan untuk dikendarai.

Meskipun angka torsinya tidak disebutkan, output ini melebihi yang dipunyai oleh mesin 4-silinder 2,8 liter turbo-diesel berkekuatan 165 kW yang ditawarkan pada Hilux GR Sport saat ini.

Dirumorkan juga bahwa Hilux generasi terbaru akan memiliki konfigurasi mesin 2,0 liter namun dengan tenaga mencapai 300 kW. Bila kabar tersebut menjadi kenyataan, maka ini bisa menjadi kompetitor langsung dari Ford Ranger Raptor.

Kini Ford Ranger Raptor memiliki mesin 3,0 liter V6 twin-turbo yang menghasilkan tenaga 292 kW. Meskipun demikian, kabar lainnya menyebut bahwa pikap Hilux akan memiliki opsi mesin 6-silinder yang sama seperti Land Cruiser.