Eks Kiper Juventus Jadi Target Gantikan Ter Stegen, Begini Respons Kiper Kedua Barcelona

JAKARTA - Barcelona tak akan mengandalkan kiper kedua Inaki Pena untuk menggantikan Marc-Andre ter Stegen yang mengalami cedera lutut. Barca mencari kiper anyar, salah satunya eks Juventus, untuk bersaing dengan Pena. Respons Pena?

Ter Stegen terpaksa mengakhiri kompetisi lebih cepat setelah mengalami cedera lutut saat Barca menang besar 5-1 atas Villarreal di pertandingan La Liga Spanyol akhir pekan lalu. Cedera kiper tim nasional Jerman ini termasuk parah sehingga dia harus menjalani operasi.

Ini yang menjadikan Ter Stegen bakal menepi untuk memulihkan kondisinya dalam waktu yang cukup panjang dan bahkan dia diprediksi bakal absen hingga akhir musim.

Hanya saja, Barca justru tak akan mengandalkan Pena untuk mengambil alih posisi Ten Stegen. Sebelumya, Pena yang selalu menjadi kiper saat Ter Stegen absen. Termasuk saat Ter Stegen tidak bisa tampil selama beberapa bulan karena cedera punggung. Pena yang sepenuhnya menggantikan kiper pertama Barca itu.

Namun, kali ini pelatih Hansi Flick memilih mencari kiper baru yang diharapkan akan bersaing dengan Pena. Direktur Olahraga Barca, Deco, sepakat dengan Flick untuk mencari pengganti Ter Stegen dengan kontrak hingga akhir musim. Syaratnya tak lain harus kiper berpengalaman.

Klub memilih mencari kiper baru karena bisa memanfaatkan 80% dari gaji yang tidak dibayarkan bila pemain cedera panjang. Dengan gaji Ter Stegen yang mencapai 7 juta euro atau sekira 118 miliar rupiah setiap tahun, maka potongan 80% tetap cukup besar untuk gaji kiper baru.

Sejumlah kiper pun sudah dibidik Barca. Mantan kiper Juventus Wojciech Szczesny, menurut Football Espana, menjadi salah satu target untuk menggantikan Ter Stegen. Kiper berusia 34 ini sudah dilepas Juve usai kontraknya selesai. Bukannya mencari klub baru, eks kiper Arsenal ini malah memilih gantung sarung tangan.

Szczesny membela Juve sejak 2017. Dirinya meraih berbagai trofi bersama Bianconeri. Musim lalu, kiper Timnas Polandia ini hanya absen pada tiga pertandingan Serie A Italia.

Sebelumnya, Szczesny bermain di Arsenal pada 2009 hingga 2017. Hanya, dia kemudian bersitegang dengan Manajer Arsene Wenger yang membuat Szczesny harus meninggalkan The Gunners. Semula dia dipinjamkan ke AS Roma sebelum dipermanenkan Juve.

Barca sesungguhnya sudah melakukan kontak dengan Szczesny. Akan tetapi, pembicaraan di antara mereka masih terlalu dini meski Szczesny menyatakan ketertarikan bergabung Blaugrana hingga akhir musim.

Barca sepertinya tidak hanya mencari kiper berpengalaman, tetapi juga yang terbaik. Kiper lain yang masuk radar di antaranya ialah Claudio Bravo dan Keylor Navas yang juga sudah tak memiliki klub.

Bila Navas pernah bermain di Madrid, sebaliknya Bravo sempat bersaing dengan Ter Stegen di Barca. Dari Barca, Bravo kemudian pindah ke Manchester City dan terakhir membela Real Betis.

Kiper berikutnya yang menjadi alternatif ialah Edgar Badia dan Jordi Masip. Selain itu, kiper Las Palmas, Alvaro Valles, disebut-sebut sebagai kandidat berikutnya untuk bersaing dengan Pena.

Hanya saja, rencana Barca mendatangkan kiper baru menjadikan Pena kecewa. Pasalnya, dia merasa tak mendapat kepercayaan dari klub untuk menjadi kiper utama.

Pena tengah melakukan negosiasi perpanjangan kontrak dengan Barca. Klub sudah mengajukan penawaran kepada kiper berusia 25 tahun itu untuk kontrak hingga 2026. Namun, dengan rencana klub mencari kiper anyar, Pena mempertimbangkan untuk hengkang dari Barca.