Jaksa Federal AS Dakwa Routh dengan Percobaan Pembunuhan Terhadap Donald Trump

JAKARTA - Ryan Routh (58) yang dituduh mengintai lapangan golf Donald Trump di Florida dengan senapan, didakwa dengan tuduhan percobaan pembunuhan terhadap seorang kandidat politik, kata jaksa federal pada Hari Selasa.

Routh sudah menghadapi dua dakwaan terkait senjata api setelah pihak berwenang mengatakan dia mengarahkan senapan melalui pagar di klub golf Trump di West Palm Beach, Florida pada tanggal 15 September saat kandidat presiden dari Partai Republik itu bermain golf di sana.

Dia telah diperintahkan untuk tetap ditahan di penjara sambil menunggu persidangan.

"Departemen Kehakiman tidak akan menoleransi kekerasan yang menyerang jantung demokrasi kita, dan kami akan menemukan dan meminta pertanggungjawaban mereka yang melakukannya. Ini harus dihentikan," kata Jaksa Agung Merrick Garland dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters 25 September.

Departemen Kehakiman mengatakan, dewan juri agung federal di Miami mengembalikan dakwaan pada Selasa sore. Dakwaan percobaan pembunuhan tersebut memiliki hukuman maksimal penjara seumur hidup.

Kasus tersebut telah diserahkan kepada Hakim Distrik AS Aileen Cannon. Ia menolak kasus pidana pada Bulan Juli yang menuduh Trump menyimpan dokumen rahasia secara ilegal setelah meninggalkan jabatannya.

Routh belum mengajukan pembelaan. Sebelumnya, pengacara Routh tidak berhasil meminta pembebasannya dengan jaminan.

Jaksa penuntut dalam beberapa hari terakhir telah mengungkapkan bukti yang mereka katakan mengarah pada rencana untuk membunuh Trump.

Mereka menuduh beberapa bulan sebelum insiden tersebut, Routh mengirimkan surat kepada orang yang tidak dikenal yang menyinggung "percobaan pembunuhan terhadap Donald Trump."

Mereka mengatakan Routh menghabiskan waktu sebulan di Florida selatan. Data ponsel menunjukkan dia berada di dekat lapangan golf dan kediaman Trump di Florida di Mar-a-Lago. Dia ditemukan dengan daftar tanggal dan tempat Trump berpidato atau diperkirakan akan muncul, menurut berkas pengadilan.

Sebelumnya, seorang agen Dinas Rahasia AS yang sedang memeriksa lapangan golf di depan Trump melepaskan tembakan, setelah menemukan laras senapan menyembul melalui pagar, menyebabkan Routh melarikan diri, kata jaksa penuntut.

Dia ditangkap dalam waktu satu jam di sepanjang jalan raya Florida. Routh awalnya didakwa dengan kepemilikan senjata api sebagai penjahat yang dihukum dan kepemilikan senjata api dengan nomor seri yang dihapus.