Optimisme Tinggi Kapten Indonesia U-20 Jelang Lawan Maladewa U-20

JAKARTA - Kapten Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, mengungkapkan optimisme tinggi menjelang menghadapi Maladewa U-20. Ia yakin Garuda Nusantara bisa meraih hasil terbaik di laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Maladewa di laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Pertandingan akan digelar pada Rabu, 25 September 2024, pukul 19.30 WIB di Stadion Madya, Senayan.

Sebelum memulai perjuangan, Timnas Indonesia U-20 sudah mengantongi modal mumpuni. Tim asuhan Indra Sjafri ini sudah menjajal turnamen di Korea Selatan sebagai laga uji coba dan memenangi laga kontra Argentina U-20.

Selain itu, mereka juga telah menjalani pemusatan latihan (TC) jangka panjang, yang mana agenda terakhir digelar di Bali. Berkaca pada persiapan itu, Dony Tri Pamungkas optimistis dengan tim.

"Persiapan cukup baik dan semua pemain dalam kondisi baik. Insyaallah besok (melawan Maladewa) kami akan memberikan yang terbaik," kata Dony Tri Pamungkas saat latihan terakhir pada Selasa, 24 September 2024.

"Yang pasti kami harus optimistis untuk pertandingan besok dan semua pemain memberikan yang terbaik. Bekerja keras dan insyaallah meraih hasil terbaik," tuturnya.

Pemain Persija Jakarta itu mengatakan sudah mendapat gambaran tentang kekuatan Maladewa yang menurutnya memiliki beberapa pemain berbahaya.

"Kami sudah mengevaluasi tentang Maladewa tadi. Mereka mempunyai beberapa pemain yang cukup berbahaya dan kami sudah mengantisipasi itu," ucapnya.

Pada kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Indonesia U-20 tanpa diperkuat salah satu pemain intinya, Welber Jardim. Meski demikian, Dony mengatakan kehilangan satu pemain tak akan memengaruhi kekuatan tim.

"Kami akan bermain 11 orang karena dia tidak datang dan keputusan pelatih juga. Saya rasa mungkin tidak terlalu berpengaruh," ujarnya.

Indonesia U-20 tergabung di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 bersama Yaman, Maladewa, dan Timor Leste.

Setelah melawan Maladewa pada laga pertama, Indonesia U-20 akan menghadapi Timor Leste U-20 pada Jumat, 27 September 2024, kemudian Yaman U-20 pada Minggu, 29 September 2024.

Dari 10 grup di babak kualifikasi, nantinya ada 10 juara grup, lima runner-up terbaik, dan tuan rumah China yang berhak tampil pada putaran final pada 6-23 Februari 2025.