Snap Manfaatkan Gemini untuk Perluas Kemampuan Chatbot AI nya

JAKARTA - Snap Inc. memperluas kemitraan strategisnya dengan Google Cloud dalam mendukung pengalaman AI generatif yang lebih baik dalam My AI, chatbot bertenaga AI milik Snapchat. 

Melalui perluasan ini, Snap akan memanfaatkan kemampuan Gemini untuk memahami dan mengoperasikan berbagai jenis informasi seperti teks, audio, gambar, video, dan kode, untuk menawarkan fitur yang lebih menarik dan inovatif bagi komunitas Snapchat melalui My AI. 

“Misalnya, dengan Gemini pada Vertex AI yang terintegrasi ke dalam aplikasi, pengguna dapat meminta My AI untuk menerjemahkan foto rambu jalan saat bepergian ke luar negeri,” kata perusahaan dalam pernyataan di situs resminya Selasa, 24 September.

Sejak menerapkan Gemini pada Vertex AI untuk mendukung My AI, perusahaan di balik aplikasi Snapchat itu mengaku telah melihat lebih dari 2,5 kali lipat keterlibatan dalam Snapping to My AI di Amerika Serikat.

Snap pertama kali meluncurkan My AI pada Februari 2023. Saat diluncurkan, chatbot tersebut didukung oleh ChatGPT milik OpenAI. 

Tapi sekarang, perusahaan tersebut memanfaatkan model AI generatif milik Google agar chatbot tersebut juga dapat memproses gambar, video, dan teks. 

“Kemitraan dengan Google Cloud ini memperkuat semua hal yang sangat penting dalam melayani komunitas kami,” kata CEO Snap Evan Spiegel, dalam siaran persnya. 

Pengumuman hari ini dibangun berdasarkan kemitraan antara Snap dan Google Cloud yang telah berlangsung selama lebih dari 10 tahun.