Franki Indrasmoro Gaet The Fly untuk Single Kedua Berjudul Candu Duniawi

JAKARTA - Pepeng eks Naif, yang saat ini memilih nama Franki Indrasmoro sebagai nama panggungnya, bersama The Fly meluncurkan single baru dengan judul “Candu Duniawi”.

Lagu ini merupakan single kedua yang dirilis Franki, setelah memutuskan solo karier sebagai jalan musiknya yang baru.

Adapun, single pertama berjudul “Ceriakan Dunia” sudah lebih dulu dirilis pada 23 Februari lalu.

“Sebetulnya ini adalah single kami bersama sih. Single kedua Franki Indrasmoro ini juga adalah single terbarunya The Fly,” ungkap Franki Indrasmoro dalam keterangannya, Selasa, 24 September.

Levi Santoso dan Kin Aulia yang saat ini menggawangi The Fly pun menceritakan bagaimana “Candu Duniawi” bisa menjadi single baru mereka.

“Setelah perilisan single Kau Harus Tahu di tahun lalu dan sebelumnya di tahun 2022 merilis single Let The Music, memang di tahun 2024 ini The Fly berniat untuk merilis single baru,” ujar Kin Aulia.

“Pas banget gue dan Levi lagi pilih-pilih lagu mana yang bakal kita garap berikutnya. Eh, kebetulan Pepeng datang menawarkan lagunya untuk kami bawakan,” sambungnya.

Franki mengaku pada awalnya “Candu Duniawi” diserahkan untuk dibawakan The Fly, namun akhirnya mereka bersepakat untuk membawakannya bersama.

“Candu Duniawi” sejatinya merupakan lagu dari Naif yang ditulis oleh Franki, namun lagu ini tidak pernah benar-benar diperkenalkan ke publik.

“Sewaktu SMA, gue punya duo-band bareng teman sekelas gue, Nyoman Suardhita, yang kemudian dikenal sebagai vokalis Planetbumi. Nama duo-band kami: Deanaholics. Dan lagu ini yang suatu hari bertransformasi menjadi lagu Candu Duniawi, adalah salah satu lagu kami,” ujar Franki

“Awalnya berjudul dan berlirik bahasa Inggris, kemudian di tahun 2004 ketika gue kasih lagu ini untuk Naif, tema lagu dan liriknya gue ubah dan bahasanya pun diubah menjadi Bahasa Indonesia, dengan judul Candu Duniawi,” imbuhnya.

Meski sudah pernah direkam bersama Naif, Franki menyebut versi terbaru lagunya menjadi berbeda, dengan keterlibatan Levi Santoso dan Kin Aulia.

“Tentu saja berbeda. Ketika gue kasih lagu Candu Duniawi ke Levi dan Kin, gue bebaskan mereka untuk bongkar lagunya, disesuaikan dengan gaya bermusik The Fly. Dan semesta mendukung! Karena, Kin ternyata punya stok lagu yang sudah full aransemen untuk The Fly, tapi tanpa vokal, karena ia masih belum dapat nada dan lirik yang pas. Dan begitu Kin dengerin demo lagu Candu Duniawi untuk pertama kalinya, ia langsung bilang, ‘Nah, ini pas sama lagu gue yang belum ada vokalnya itu!’ Hasilnya? Gue suka banget! Lebih rock, dan lebih fresh!”