Rolls-Royce Beberkan Strategi Masa Depan, Salah Satunya Pertahankan Mesin V12 Cullinan

JAKARTA - Industri otomotif global saat ini dihadapkan oleh kondisi yang tidak menentu pada segmen kendaraan listrik (EV) murni. Ini membuat beberapa pemain otomotif ternama memutuskan menunda atau mundur dari rencana menuju elektrifikasi sepenuhnya.

Pabrikan lainnya yang memutuskan untuk mempertahankan mesin bensin dalam beberapa tahun mendatang ialah Rolls-Royce. Merek otomotif ultra-mewah ini mengumumkan akan terus mendorong penjualan mobil bertenaga V12 ikonisnya hingga akhir dekade mendatang.

Dikutip Carscoops, Selasa, 24 September, merek tersebut mengumumkan model Cullinan akan terus bertahan dengan mesin V12 twin-turbo 6,7 liter hingga 2030 mendatang.

Selain itu, Rolls-Royce juga memiliki rencana untuk model EV Spectre. Mobil yang kini menjadi penopang merek dalam segmen elektrifikasi murni tersebut direncanakan akan diperbarui pada 2027 mendatang.

Sayangnya, informasi mengenai performa, powertrain, fitur, desain, maupun jarak tempuh masih belum diketahui. Namun, bukan hal mustahil bahwa beberapa elemen ini menjadi fokus utama Rolls-Royce dalam menghadirkan Spectre terbaru.

Spectre

Selain itu, brand yang masih berada di bawah naungan BMW Group ini juga berencana menghadirkan EV lainnya di luar Spectre. Disebutkan bahwa model ini akan diposisikan di bawah Cullinan.

Mobil berwujud sedan ini nantinya akan memiliki ukuran yang lebih kecil dengan harga lebih rendah dari Cullinan. Namun, model tersebut akan tetap akan menawarkan kenyamanan khas Rolls-Royce. Kemungkinan mobil ini akan meluncur pada awal 2027 mendatang.

Tidak disebutkan apakah model ini nantinya akan berbagi powertrain dengan Spectre sekarang, tetapi kemungkinan pabrikan akan menggunakan baterai dan motor listrik dengan teknologi terdepan dibandingkan saat ini.

Model tersebut akan salah satu aset penting bagi pabrikan karena akan menjadi penerus dari Phantom. Artinya, Rolls-Royce akan memiliki beban yang besar untuk memperkenalkannya dengan memiliki karakteristik yang sama seperti nama ikonis ini.