Begini Cara Menggunakan Fitur Kontrol Gangguan di Safari

JAKARTA – Apple meluncurkan banyak fitur baru melalui pembaruan iOS 18, salah satunya adalah fitur Kontrol Gangguan untuk Safari. Fitur baru ini dapat menghapus elemen mengganggu yang terlihat di halaman web.

Selain tersedia di iPhone, fitur ini juga dirilis untuk iPad melalui iPadOS 18. Mengutip dari How to Geek, Kontrol Gangguan mirip dengan tindakan membuka Inspect Element di browser desktop untuk menghapus baris kode, tetapi dengan gaya yang lebih sederhana.

Fitur Kontrol Gangguan dapat menghapus berbagai elemen yang ada di halaman, mulai dari gambar, video, pop-up banner atau banner yang mengambang, dan masih banyak lagi. Fitur ini tidak menghapus elemen secara permanen karena halaman web bisa diperbarui kapan pun.

Menariknya, fitur ini juga bisa menghilangkan iklan yang muncul di halaman web. Namun, penting untuk diingat bahwa fitur ini tidak bekerja sebagai alat pemblokir iklan, melainkan hanya menyembunyikan iklan untuk sementara waktu.

Fitur ini sangat berguna bagi pengguna iPhone dan iPad yang sering mengunjungi halaman web di browser Safari. Jika Anda tertarik untuk mengaktifkan Kontrol Gangguan di halaman web tertentu, berikut ini cara menggunakannya.

  1. Kunjungi situs web yang diinginkan di Safari.
  2. Ketuk tombol opsi di bilah alamat, tepatnya di sebelah kiri URL.
  3. Ketuk opsi Sembunyikan Item yang Mengganggu.
  4. Ketuk elemen yang ingin disingkirkan dari tampilan layar.
  5. Klik tombol Sembunyikan hingga elemennya hilang.

Jika Anda ingin membatalkan elemen yang telah diketuk, pastikan untuk mengeklik tombol Batal yang terlihat di bagian atas layar. Namun, jika Anda sudah yakin dengan elemen yang akan disingkirkan dari layar, ketuk tombol Selesai dengan latar belakang biru.