Profil Kasing Lung Pencipta Boneka Labubu, Terinspirasi dari Mitologi Nordik

YOGYAKARTA - Boneka Labubu menjadi rebutan banyak orang Indonesia pada beberapa waktu belakangan. Boneka lucu yang berwajah monster ini merupakan karya dari seniman Kasing Lung. Di tengah demam Labubu, menarik untuk mengenal profil Kasing Lung seniman kelahiran Hong Kong. 

Boneka Labubu menimbulkan fenomena FOMO marketing, dimana banyak orang rela antri lama atau berjam-jam untuk membeli boneka ini. Kepopuleran Labubu naik berkat Lisa Blackpink yang mengunggah foto bersama boneka ini. Sejak saat itu, banyak penggemar Lisa dan orang lainnya yang ingin mengoleksi boneka Labubu.

Viral kembali pada tahun 2024, sebenarnya boneka Labubu sudah ada sejak 2015. Lantas seperti apa awal mula terciptanya boneka Labubu? Mari simak profil Kasing Lung dan kisah dia membuat boneka Labubu. 

Profil Kasing Lung Pencipta Labubu

Kasing Lung merupakan seniman pencipta karakter Labubu yang kini tengah menjadi boneka viral. Kasing Lung lahir di Hong Kong pada tahun 1972. Namun saat usia kanak-kanak, ia dan keluarganya pindah ke Belanda. 

Ketika tinggal di negeri kincir angin, Kasing Lung kecil gemar membaca buku cerita anak, seperti dunia peri dan cerita rakyat Nordik. Hobinya tersebut mengantarkan Kasing Lung meniti karier sebagai ilustrator buku anak-anak. Dengan karya-karya yang luar biasa, ia menjadi orang China pertama yang meraih Penghargaan Ilustrasi di Belgia.

"Ketika saya masih kecil, saya suka membaca buku cerita dan terpengaruh oleh legenda peri Eropa kuno. Pada waktu itu, tidak ada game console atau komputer, jadi saya harus menggambar boneka dengan pena, sehingga saya memiliki ide untuk melukis dongeng sejak kecil," tuturnya dalam wawancara dengan HYPEBEAST.

Pada tahun 2010, Kasing beralih dari profesi ilustrator profesional menjadi desainer mainan. Pada tahun 2012, ia kembali ke Hong Kong untuk bekerja sama dengan How2work, merek mainan terkenal di Hong Kong.

Pengalamannya bekerja di Belgia dan Hong Kong mempercepat peningkatan popularitas Kasing. Karya-karyanya dalam bidang ilustrasi sangat diminati, dan ia berhasil menjalin kolaborasi dengan para kreator serta penulis.

Di tahun 2013, Kasing Lung meluncurkan buku ilustrasi pertamanya berjudul My Little Planet yang diterbitkan di Taiwan dalam bahasa Mandarin. Selanjutnya, ia menerbitkan buku ilustrasi anak-anak lainnya melalui kolaborasi dengan Brigitte Minne, seorang penulis cerita asal Belgia. Buku ini, berjudul Lizzy Will Dansen, diterbitkan oleh penerbit Belgia, De Eenhoorn.

Pada 2015, Kasing Lung mulai menciptakan seri cerita berjudul The Monsters yang terinspirasi kuat dari mitologi Nordik. Seri ini menampilkan berbagai karakter baik dan jahat, seperti Zimomo, Tycoco, Spooky, dan yang paling populer, Labubu.

Seri figur The Monsters kemudian dirilis oleh How2work dan mendapatkan respons positif di pasar. Karakter Labubu yang dikenal dengan telinga kelincinya ini menjadi salah satu figur paling laris. Boneka ini telah dirilis dalam lebih dari 300 variasi warna, bentuk, dan ukuran.

Popularitas Labubu semakin meningkat setelah Kasing Lung menandatangani perjanjian lisensi eksklusif dengan Pop Mart pada tahun 2019. Penjualan seri The Monsters, termasuk karakter Labubu, di Pop Mart mencetak rekor penjualan di kategori mainan seni melalui peluncuran seri pertamanya.

Boneka Labubu Terinspirasi dari Apa?

Labubu merupakan karakter boneka mainan yang terinspirasi dari sosok elf dalam mitologi Nordik. Boneka karya Kasing Lung ini memiliki ciri berupa telinga lancip, deretan gigi bertaring, dan senyum yang nakal.

Labubu sendiri sebenarnya adalah bagian dari “The Monsters”, yakni sebuah kolektif karakter yang terdiri dari sisi baik dan buruk. Selain Labubu, terdapat karakter lainnya berupa Zimomo, Tycoco dan Spooky. 

Dalam cerita Kasing, Labubu adalah karakter yang baik hati dan selalu ingin membantu, tetapi selalu melakukan hal-hal buruk. Labubu lahir dengan karakter khas yang hidup dan banyak digemari di kalangan pecinta seni.

Demikianlah profil Kasing Lung yang merupakan sosok seniman pencipta boneka Labubu. Kasing Lung menciptakan karakter Labubu terinspirasi dari karakter elf dalam mitologi Nordik. Baca juga mengenal boneka Labubu yang diviralkan Lisa BLACKPINK.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.