Robohkan Anthony Joshua di Ronde 5, Daniel Dubois Patenkan Gelar Juara Kelas Berat IBF

JAKARTA – Daniel "Dynamite" Dubois memukul KO Anthony Joshua pada ronde ke-5 dalam duel perebutan gelar juara kelas berat versi IBF di Stadion Wembley, London pada Sabtu 21 September 2024 atau Minggu dini hari di Indonesia. Atas kemenangan tersebut, Daniel Dubois resmi menjadi juara IBF sesungguhnya setelah sebelumnya menjadi juara interim.

Kemenangan petinju Inggris berusia 27 tahun itu sangat mengejutkan, karena dia tidak diunggulkan. Pasar taruhan mengunggulkan Joshua dengan 5:1, namun Dubois merusak semua prediksi dengan kemenangannya atas peraih emas Olimpiade London 2012 dan mantan dua kali juara dunia kelas berat berusia 34 tahun tersebut.

“Saya senang sekali karena sudah memberikan hiburan yang luar biasa untuk penonton. Saya seorang gladiator, dan tidak akan menyerah sampai titik darah penghabisan. Setelah ini saya akan terus berusaha untuk berhasil mencapai tahta tertinggi, sebagai juara sejati. Saya akan keluarkan seluruh potensi yang ada,” ujar Dubois usai kemenangannya, seperti dikutip Reuters.

Dubois sudah pasang tempo tinggi sejak ronde pertama. Dia langsung menggebrak, dan berhasil menganvaskan Joshua. Namun lawannya yang jauh lebih berpengalaman itu mampu bangkit sebelum wasit Marcus McDonnell menyelesaikan 10 hitungan.

Ronde kedua dan ketiga masih menjadi neraka bagi Joshua, ketika pukulan-pukulan Dubois kembali menjatuhkannya. Lagi-lagi Joshua masih mampu bangkit sebelum wasit McDonnell menyelesaikan 10 hitungan. Ronde keempat lagi-lagi Joshua knockdown, namun kali ini wasit menganggapnya terpeleset.

Hingga akhirnya ronde kelima menjadi penentuan. Satu pukulan Joshua mampu membuat Dubois limbung, dan mundur ke tali ring. Joshua mengejarnya untuk memasukkan pukulan lagi. Namun tanpa diduga, satu counter hook kanan Dubois telak menghantam rahang Joshua. Mantan juara dunia itu pun roboh tanpa mampu bangkit lagi.

“Daniel adalah lawan yang cepat dan kuat, dan saya melakukan beberapa kesalahan. Tapi itulah pertandingan, ada kalah dan menang,” ujar Joshua, petinju yang sudah melakoni 13 pertarungan dunia.

Duel Joshua vs Dubois di Wembley tersebut diklaim sebagai pergelaran tinju terbesar yang pernah digelar antara dua petinju Inggris di negeri sendiri. Dikabarkan ada 96 ribu penonton datang di stadion legendaris tersebut.

Dubois kini mengukir rekor 22-2-0 (21 KO), sementara rekor Joshua memburuk dengan 28-4-0 (25 KO). Menurut rencana, bakal digelar rematch antara Daniel Dubois vs Anthony Joshua karena ada klausul untuk melakukan itu.