China Open 2024: Sial Fajar/Rian di Perempat Final

JAKARTA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali mendapat sial di babak perempat final. Mereka pulang di fase tersebut pada ajang Super 1000 BWF China Open 2024.

Mantan nomor satu dunia itu gagal melanjutkan perjalanan setelah takluk 21-14, 17-21, dan 14-21 melawan ganda Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, pada Jumat, 20 September, malam WIB.

Dalam laga ini, Fajar/Rian dominan di gim pertama dan melempem di gim kedua. Adapun di gim penentuan, perlawanan sengit mereka lakukan hanya sampai kedudukan imbang 10-10.

"Di gim kedua terutama, Ong/Teo menemukan kepercayaan dirinya dan itu berlanjut di gim ketiga," ujar Fajar usai laga dalam keterangan yang diterima dari PBSI.

Ini kali ketiga secara beruntun langkah Fajar/Rian tertahan di babak perempatan final. Dua sebelum ini terjadi di Olimpiade Paris 2024 dan Jepang Open 2024.

Di atas kertas, Fajar/Rian sebenarnya unggul rekor menang-kalah 4-7 atas Ong/Teo sebelum bentrokan ini. Namun, ini adalah kekalahan kedua beruntun melawan pasangan tersebut, termasuk di Kejuaraan Asia di Dubai tahun lalu.

"Lawan mempunyai pertahanan yang sangat rapat, tidak mudah ditembus dan itu terbukti di pertandingan kali ini. Kami sudah mencoba berbagai cara," kata Fajar.

Sebelum Fajar/Rian tersingkir, tiga wakil Indonesia yang sudah bermain semuanya berhasil melanjutkan perjalanan mereka ke babak semifinal.

Ketiga wakil dimaksud adalah tunggal putra Jonatan Christie, ganda campuran Dejan Ferdinanyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin.