General Motors Kembali Uji Coba Mobil Otonom di Bay Area

JAKARTA – Kendaraan otonom memang menjanjikan masa depan transportasi yang lebih efisien. Namun, teknologi ini masih menghadapi sejumlah kendala yang perlu diatasi sebelum dapat diimplementasikan secara luas.

Salah satu tantangan adalah sensor yang digunakan kendaraan otonom harus mampu mendeteksi objek dengan sangat akurat dalam berbagai kondisi cuaca dan cahaya. Tantangan terbesar terletak pada kemampuan sensor untuk membedakan objek statis dan dinamis, serta mengenali objek yang tidak terduga.

General Motors (GM) melalui divisi kendaraan otonomnya, Cruise misalnya, yang telah melalui sejumlah rintangan dalam pengembangannya tapi GM tak mudah menyerah.

Kini GM mengumumkan akan memulai pengujian kembali dengan hingga lima kendaraan otonom di Bay Area, California, Amerika Serikat pada musim gugur tahun ini.

Melansir Reuters, 20 September, sebelum pengujian dimulai, Cruise akan terlebih dahulu menyebarkan beberapa kendaraan pemetaan manual di Sunnyvale dan Mountain View untuk mengumpulkan data. Informasi ini akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan kendaraan otonom sebelum dilepaskan ke jalan raya.

Pengumuman ini menandai langkah penting bagi Cruise, yang telah menghentikan operasi kendaraan otonomnya di Amerika Serikat pada Oktober lalu setelah sebuah insiden di San Francisco. Saat itu, seorang pejalan kaki tertabrak oleh mobil lain dan kemudian terseret oleh salah satu robotaxi Cruise.

"Kembalinya pengujian di Bay Area merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya kami bekerja sama dengan regulator California dan pemangku kepentingan lokal," kata Cruise dalam pernyataan resminya.

Sementara itu, Departemen Kendaraan Bermotor California telah mengeluarkan draft peraturan mengenai operasi kendaraan otonom di jalan raya pada bulan Agustus. Hal ini membuka peluang bagi truk otonom untuk memulai pengiriman jarak jauh.

Dengan langkah-langkah ini, GM semakin dekat untuk mewujudkan visi kendaraan otonom yang dapat beroperasi secara aman dan efisien di jalan raya.