YouTube Ubah Tampilan Bilah Status di Perangkat Android

JAKARTA – Aplikasi YouTube meluncurkan bilah status transparan untuk perangkat Android. Bilah status ini akan terlihat saat pengguna menggulir layar ke bawah untuk menjelajahi rekomendasi video di halaman Beranda.

Sebelumnya, bilah status yang menampilkan waktu, baterai, koneksi, dan lainnya di bagian atas layar memiliki latar belakang yang solid. Warnanya bisa hitam ataupun putih, tergantung tema yang digunakan pada ponsel atau aplikasi YouTube.

Di pembaruan terkini, pengguna YouTube di Android akan tetap melihat thumbnail atau pratinjau video di bilah status karena tampilannya yang lebih transparan. Namun, saat layar kembali digulir ke atas, bilah status tidak terlihat transparan lagi.

Pembaruan bilah status ini ditambahkan ke YouTube versi 19.37.35 untuk Android 14 dan 15. Jika aplikasi YouTube di ponsel atau tablet Anda sudah menggunakan versi ini, Anda akan langsung melihat perubahannya ketika membuka aplikasi.

Perlu diingat bahwa fitur ini masih diluncurkan secara bertahap sehingga belum tersedia di seluruh perangkat. Jika dalam beberapa minggu ke depan pembaruan ini belum tersedia, Anda perlu memeriksa apakah versi aplikasi YouTube yang digunakan sudah tepat.

Sebelum memperbarui memperbarui tampilan bilah status di perangkat Android, YouTube juga meluncurkan pembaruan di aplikasi untuk televisi. Berkat pembaruan ini, tanda Suka dan Tidak Suka ditempatkan dalam satu tombol.

Jika ingin menekan salah satu tombolnya, pengguna YouTube di televisi harus mengeluarkan lebih banyak effort karena mereka perlu mengeklik tombol gabungan Suka dan Tidak Suka terlebih dahulu, lalu memilih opsi yang diinginkan.