Microsoft Luncurkan Windows App iPhone, Mac, dan iPad

JAKARTA – Microsoft meluncurkan Windows App, gateway ke beberapa layanan dari perusahaan tersebut, pada Kamis, 19 September. Aplikasi ini sudah tersedia di iOS, iPadOS, macOS, browser, dan komputer Windows.

Meski Android belum disebutkan, Windows App juga akan diluncurkan di sistem operasi (OS) tersebut. Saat ini, Windows App untuk Android baru tersedia di versi pratinjau publik. Belum diketahui kapan aplikasi tersebut dirilis dalam versi yang lebih stabil di Android.

Windows App merupakan aplikasi serbaguna yang dapat memudahkan penggunanya. Dilengkapi dengan keamanan tingkat lanjut, aplikasi ini bisa diakses kapan pun dan di mana pun sehingga lebih efisien. Selain itu, aplikasi ini akan mendorong tingkat produktivitas.

"Windows App memberikan pengalaman yang konsisten dan andal untuk semua perangkat," kata Microsoft. "Anda dapat menikmati pengalaman terpadu yang memudahkan orang untuk terhubung ke pengalaman Windows yang mereka kenal dan sukai dari perangkat apa pun."

Ada beberapa layanan yang bisa diakses di Windows App, di antaranya Windows 365, Azure Virtual Desktop, Remote Desktop, Remote Desktop Services, Microsoft Dev Box, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur pendukung di dalamnya.

Pengguna bisa mengakses fitur penyesuaian layar beranda, dukungan multi-monitor, pengalihan USB, hingga keamanan dan autentikasi multi-faktor. Fitur terakhir dapat memastikan koneksi internet tetap lancar dan kuat selama pengguna melakukan pekerjaannya.

"Aplikasi Windows menyederhanakan prosesnya, yang memungkinkan Anda mengelola dan memanfaatkan sumber daya ini dari satu aplikasi yang intuitif. Baik Anda administrator TI atau pengguna akhir, Aplikasi Windows memberikan nilai yang sangat besar," jelas Microsoft.

Untuk mendapatkan aplikasi baru ini, Anda bisa mengunduh aplikasinya di Microsoft Store. Sementara itu, untuk aplikasi seluler, pengguna bisa mencari Windows App di Google Play Store untuk perangkat Android dan App Store untuk iOS serta macOS.