SBY Menyatakan Kesediaannya Bantu dan Dukung Pemerintahan Prabowo Gibran

JAKARTA - Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan pertemuan antara Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan presiden terpilih Prabowo Subianto fokus pada diskusi mengenai tantangan yang akan dihadapi bangsa di masa depan.

SBY mengunjungi kediaman pribadi Prabowo di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, pada Kamis siang. Dalam pertemuan tersebut, SBY mengungkapkan kesiapannya untuk mendukung dan mensukseskan pemerintahan yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto.

"Keduanya membahas berbagai tantangan yang akan datang, dan Pak SBY menyatakan kesediaannya untuk membantu serta mendukung pemerintahan Pak Prabowo," jelas Herzaky

Pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam ini memberikan kesempatan bagi SBY untuk memberikan masukan kepada Prabowo mengenai tugas dan tantangan yang akan dihadapi Prabowo sebagai presiden ke-8 RI.

Dalam kesempatan terpisah, Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyatakan kepada wartawan bahwa diskusi antara keduanya berlangsung seperti biasa.

“Pak Prabowo mendengarkan masukan dari Pak SBY terkait tugas dan tantangan kepemimpinan beliau untuk lima tahun ke depan, terutama mengingat kondisi geopolitik dan geostrategis yang sangat dinamis,” kata Dahnil.

Setelah pertemuan, SBY memilih untuk tidak menjawab pertanyaan wartawan dan langsung meninggalkan kediaman Prabowo. SBY terlihat keluar dari rumah Prabowo pada pukul 14.15 WIB dan diantar sampai ke kendaraan oleh tuan rumah.

Di teras rumah, terlihat mobil SBY terparkir. Prabowo dan SBY tampak saling bersalaman, diikuti oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Sugiono, serta Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo, putra semata wayang Prabowo, yang juga ikut menyalami SBY.

SBY yang mengenakan baju safari biru, sempat memberi hormat kepada Prabowo, yang membalas dengan salam hormat yang sama. Keduanya terlihat berbincang singkat sebelum SBY memasuki mobilnya dan meninggalkan rumah Prabowo. Prabowo, Sugiono, dan Didit --sapaan anak Prabowo Ragowo-- kemudian kembali masuk ke dalam rumah.