Samsung Hentikan Peluncuran One UI 6.1.1 karena Masalah Kamera

JAKARTA – Belum lama ini, Samsung meluncurkan firmware One UI 6.1.1 ke sejumlah pengguna ponsel Galaxy di AS. Peluncuran firmware tersebut belum selesai, tetapi Samsung telah melakukan penghentian sementara.

Hal ini terjadi karena pembaruan One UI 6.1.1 menyertakan bug yang membuat kamera ponsel bermasalah. Dilansir dari SamMobile, ponsel yang paling terdampak dari munculnya bug ini adalah Galaxy S23 Ultra karena gambar yang diambil ponsel tidak terlihat bagus.

Saat pengguna Galaxy S23 Ultra memperbesar gambar dengan level zoom 16x hingga 19,9x, gambar yang dihasilkan tidak tajam seperti biasanya. Pengguna akan mendapatkan gambar yang buram dengan bayangan gelap sehingga terlihat tidak menarik.

Dari tangkapan layar yang dibagikan salah satu pengguna X, dikutip dari laporan 9to5google, Samsung mengatakan bahwa mereka telah mengetahui masalah tersebut. Oleh karena itu, peluncuran One UI 6.1.1 akan dilanjutkan setelah bug pada kamera diatasi.

"Ya, saya telah menghasilkan masalah yang Anda sebutkan dan mengonfirmasi masalah tersebut. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami akan segera menyiapkan perbaikan untuk masalah tersebut," kata karyawan Samsung melalui platform Komunitas.

Belum diketahui berapa lama perbaikannya akan dikerjakan dan kapan peluncuran One UI 6.1.1 akan dilanjutkan. Masalah pada kamera Galaxy S23 Ultra juga bisa diatasi menggunakan fitur Intelligent Optimization untuk sementara waktu.

Masalah ini tidak muncul di seluruh model Galaxy S23. Pengguna Galaxy S23 dan S23 Plus masih bisa mengakses kamera tanpa kendala yang sama karena susunan serta fitur kameranya berbeda dengan model Galaxy S23 Ultra.