Bersaing dengan Minamino dan Son Heung-min, Ragnar Oratmangoen Terdepan dalam Nominasi Gol Terbaik AFC

JAKARTA - Penggawa Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, masuk dalam daftar nominasi gol terbaik pada matchday pertama dan kedua Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dalam daftar itu, Oratmangoen bersaing dengan nama beken, seperti Takumi Minamino dan Son Heung-min.

Ragnar masuk dalam daftar tersebut berkat gol yang ia buat saat Timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi 1-1. Selain menjadi gol yang penting bagi Skuad Garuda, proses golnya pun juga terbilang indah.

Oratmangoen melakukan aksi individu dengan penetrasi dari sisi kanan sebelum masuk ke kotak penalti. Setelah itu, dia melesatkan tendangan kaki kiri yang meski sempat menyentuh Sandy Walsh, wasit meresmikan gol itu dicetak oleh Oratmangoen.

Gol itu kemudian mendapat atensi dari AFC dengan memasukkannya daftar nominasi gol terbaik pada matchday pertama dan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam artikelnya, AFC menyebut gol-gol yang terpilih tidak harus selalu indah. Melainkan gol yang penting dan bersejarah seperti yang dicetak Oratmangoen.

"Ada gol-gol khusus dan ada pula gol-gol bersejarah," tulis AFC dalam laman resminya dikutip pada Rabu, 18 September 2024.

"Bukan gol yang paling mengesankan secara estetika, tetapi usaha Ragnar Oratmangoen yang dibelokkan akhirnya membantu Indonesia mengamankan poin penting di Jeddah yang menunjukkan dan tak dapat disangkal bahwa tim Asia Tenggara layak berada di panggung ini," sambung keterangan itu.

Gol yang dicetak Oratmangoen memang merupakan gol yang penting dan bersejarah. Pasalnya, berkat gol itu Timnas Indonesia akhirnya mampu mencuri poin di markas Arab Saudi.

Oratmangoenn masuk dalam daftar gol terbaik matchday pertama dan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang bersaing dengan tujuh pemain lain.

Total ada delapan pencetak gol yang masuk daftar tersebut. Tujuh nama lain ialah Takumi Minamino, Harib Abdalla, Mousa Al Tamari, Oston Urunov, Son Heung-min, Hassan Kadish, dan Kang Kuk Chol.

Pemenang kategori tersebut akan ditentukan oleh voting terbanyak dari pencita sepak bola Asia di laman resmi AFC.

Pemungutan suara sudah berakhir pada 17 September 2024. Ragnar Oratmangoen telah mengumpulkan suara terbanyak dengan 62 persen, diikuti Mousa Al Tamari (Yordania) dengan 34 persen.

Sementara Minamino, Son Heung-min, Oston Uronov (Uzbekistan), Kang Kuk-chol (Korea Utara) mendapat satu persen suara. Terakhir, Harib Abdalla (Uni Emirat Arab) dan Hassan Kadish (Arab Saudi) tanpa suara.