Bayern Munchen dan Harry Kane Cetak Rekor Saat Bantai Dinamo Zagreb 9-2

JAKARTA - Bayern Munchen mencetak rekor saat membantai Dinamo Zagreb 9-2 di pertandingan Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Rabu, 18 September 2024 dini hari WIB. Striker Harry Kane yang memborong empat gol pun turut mencetak rekor.

Bayern tampil dengan penuh keperkasaan saat menghajar Dinamo Zagreb. Meski sempat mendapat perlawanan, terutama setelah klub Kroasia itu mencetak dua gol untuk mengubah skor menjadi 3-2, Madrid menunjukkan dominasinya.

Bahkan di babak kedua, raksasa Bundesliga Jerman tersebut sukses enam kali membobol gawang lawan. Ini menjadikan Bayern sebagai klub pertama dalam sejarah Liga Champions yang mampu menang sembilan gol dalam satu pertandingan.

Tak hanya itu, Kane yang kian tajam sejak meninggalkan Tottenham Hotspur untuk bermain di Jerman ini turut mencetak rekor. Kane menjadi pemain Inggris yang mencetak gol terbanyak di kompetisi Eropa setelah mengemas 33 gol.

Sementara, pemain veteran Thomas Muller memecahkan rekor bermain 152 kali untuk satu klub di ajang Liga Champions. Muller melewati rekor Xavi Hernandez yang sudah bermain 151 bersama Barcelona.

Pencapaian gemilang Bayern saat mengawali kompetisi musim ini seakan menghapus keraguan dan sikap pesimistis terhadap pelatih Vincent Kompany.

Bagaimana tidak, Bayern sempat dikritik karena merekrut Kompany yang masih minim pengalaman melatih. Apalagi, Kompany terakhir kali hanya menangani klub sekelas Burnley yang terdegradasi dan musim ini bermain di Divisi Championship Inggris.

Namun Kompany membuktikan kinerjanya. Dia membawa Bayern ke puncak klasemen Bundesliga Jerman. Mantan bek Manchester City dan timnas Belgia ini juga mengantarkan FC Hollywood meraih kemenangan besar di laga pertama Liga Champions.

Di pertandingan itu, Bayern hanya mengalami kesulitan sebelum menit 20. Pasalnya mereka menghadapi Dinamo Zagreb yang memilih bertahan dengan menempatkan lima pemain belakang. Tim lawan memakai formasi 5-3-2 demi menahan serangan bergelombang tuan rumah.

Hanya usaha mereka memang sia-sia. Kane akhirnya membuka keran gol Die Bayern lewat titik penalti di menit 19. Penalti diberikan setelah bek Ronael Pierre-Gabriel menjatuhkan gelandang Aleksandar Pavlovic di area terlarang. Wasit Juan Martinez sempat meninjau insiden itu lewat VAR sebelum menunjuk titik putih.

Kane pun menuntaskan eksekusi dengan baik. Gol itu menaikkan adrenalin pemain Bayern. Tak lama berselang, bek Raphael Guerreiro memperbesar keunggulan Bayern.

Dia membobol gawang lawan di menit 33. Dan, lima menit kemudian, Michael Olise mencetak gol pertama bagi timnya yang mengubah skor menjadi 3-0. Skor itu bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Dinamo Zagreb mencoba bangkit. Permainan agresif mereka sempat mengejutkan Bayern. Pertandingan baru berjalan empat menit, Dinamo Zagreb sukses mengejar ketinggalan melalui striker timnas Kroasia Bruno Petkovic.

Bahkan hanya berselang satu menit, gelandang Jepang Takuya Ogiwara sudah bisa mengubah skor menjadi 3-2. Namun setelah gol itu Dinamo Zagreb tak bisa menjaga performa.

Kane mencetak gol keduanya yang memperbesar keunggulan Bayern menjadi 4-2 di menit 57. Tak lama kemudian atau tepatnya di menit 61, giliran Olise yang membuat brace.

Keunggulan 5-2 menjadikan Bayern tak terbendung lagi. Kane memborong dua gol lagi hanya dalam tempo lima menit. Kedua gol itu dicetak dari titik penalti.

Selanjutnya, Leroy Sane menambah gol di menit 85. Pemain pengganti Leon Goretzka menutup pesta gol Bayern di menit injury time. Skor menjadi 9-2 untuk Bayern dan bertahan hingga laga usai.