Cara Update iOS 18 di iPhone, Ikuti Langkah-langkah Berikut

YOGYAKARTA - Kabar baik untuk para pengguna iPhone, iOS 18 saat ini sudah bisa diupdate. Melansir laman Tech.co, akan ada banyak fitur dan peningkatan baru yang menarik. Dengan pembaruan iOS 18, pengguna bisa mendapatkan pembaruan fitur mulai dari layar beranda yang dapat disesuaikan dengan lebih banyak pilihan tata letak. iOS 18 juga memberikan dukungan pesan Rich Communication Services (RCS). Lantas bagaimana cara update iOS 18 di iPhone? Simak ulasannya di bawah ini.

Fitur Apple Intelligence

Dalam laman resminya, Apple mengungkapkan, pesan RCS menghadirkan media dan pengiriman yang lebih kaya dan tanda dibaca bagi pengguna yang tidak menggunakan iMessage.

Selain itu, ada juga penggunaan kontrol layar kunci dan aplikasi tersembunyi, pengaturan foto yang cepat dan lebih baik, hingga pengelola kata sandi (password) khusus.

Namun, pembaruan iOS 18 yang paling ditunggu yaitu fitur Apple Intelligence. Fitur ini merupakan sistem kecerdasan pribadi yang mengombinasikan kekuatan model generatif dengan konteks pribadi untuk menghasilkan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan. Selanjutnya, iOS 18 dapat diunduh ke perangkat yang kompatibel melalui aplikasi Pengaturan. Selain itu, ponsel yang melengkapi syarat akan diminta untuk meningkatkan pembaruan perangkat lunak.

Namun, tidak semua perangkat dibuat untuk menangani fitur mutakhir iOS 18. Sebab, hanya model dengan chip A12 Bionic atau yang lebih baru yang akan mendukung pembaruan seutuhnya. Sejumlah ponsel yang menerima update iOS ini yakni seri SE 2 ke atas. Sehingga iPhone lawas seri 7 dan 6 tidak bisa mendapat pembaruan iOS. Hal yang perlu diketahui, meski semua daftar iPhone di atas dapat mendukung OS baru, tetapi tidak semua fitur akan tersedia di semua ponsel. Contohnya, fitur Apple Intelligence hanya dapat digunakan untuk iPhone 16, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max baru. Adapun Apple Intelligence hanya tersedia untuk iPad dan Mac dengan chip M1 atau yang lebih baru.

Ilustrasi. (FOTO: X @jetdaizu)

Cara Update iOS 18 di iPhone

Cara update iOS 18 di iPhone anda dapat dilakukan dengan mudah melalui pengaturan atau setting, untuk selengkapnya, simak ulasan di bawah ini:

  • Buka menu pengaturan di iPhone
  • Klik menu Umum atau General. Pilih opsi "Pembaruan Perangkat Lunak"
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil memuat data pembaruan sistem operasi. Apabila terdapat pembaruan, maka iOS 18 akan muncul di ponsel anda
  • Anda selanjutnya menemukan opsi Unduh dan Instal untuk melakukan update iOS
  • Tunggu hingga selesai. Apabila instalasi berhasil, iPhone berhasil masuk ke layar Home.

Namun, hal yang harus diketahui selama proses instal iOS 18, Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan tidak melakukan tindakan untuk mematikan ponsel. Anda juga harus memastikan daya baterai lebih dari 50% agar iPhone tidak mati saat proses instalasi. Apabila Anda gagal melakukan instal sistem operasi, ponsel akan mendapatkan sejumlah masalah, salah satunya tidak mau nyala dan hanya berhenti di logo Apple saja.

Demikianlah ulasan tentang cara update iOS di iPhone yang bisa dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.