Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dibahas dalam Rapat DPR Hari Ini

JAKARTA - Kabar baik untuk perkembangan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Proses awal Naturalisasi keduanya bakal dibahas dalam agenda rapat dengan DPR pada hari ini, Seasa 17 September 2024, siang WIB. 

Agenda pembahasan naturalisasi Mees dan Emiliano di rapat DPR diketahui dari surat yang dikeluarkan Kemenpora. Dalam informasi yang diterima, Kemenpora menunjukan undangan rapat kerja dengan DPR RI. 

Dalam undangan tersebut pihak PSSI seperti Ketua Umum, Wakil Ketua Umum hingga Sekretaris Jenderal juga diminta hadir. Bukan cuma itu, dua pemain yang akan dinaturalisasi juga dihadirkan secara daring dari negara masing-masing. 

Masih dari sumber yang sama, dalam surat terlihat bahwa agenda pembahasan naturalisasi ini akan dimulai pukul 13.00 WIB. Pada agenda itu juga akan melibatkan Komisi III DPR dan selanjutnya dibahas di Komisi X DPR. 

“Selasa, 17 September 2024 pukul 13.00 WIB s.d selesai: Pembahasan pengajuan terhadap permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas 2 (orang) Calon Warga Negara Indonesia berdasarkan surat masuk Presiden RI,” tulis keterangan lampiran acara dalam surat undangan yang dikutip Selasa 17 September 2024.

“Pukul 15.00 WIB s.d selesai. Membahas Pertimbangan Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada atlet sepak bola atas nama nama Saudara Eliano Johanes Reijnders dan Saudara Mees Victor Joseph Hilgers,” lanjut keterangan yang ditujukan dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI. 

Sebelum agenda ini diumumkan, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, telah mengungkap hal ini pada akhir pekan lalu. Ia membeberkan bahwa proses naturalisasi keduanya telah mendapat persetujuan alih warga negara oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, dan Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas.

“Rencana DPR akan tanggal 17 (September) nanti, lalu 19 (September) Paripurna," ucap Erick Thohir dalam kesempatan terpisah.

Jika mendapat persetujuan dari Komisi X dan III DPR RI, maka naturalisasi Mees dan Eliano akan berlanjut ke Kementerian Sekretariat Negara untuk mendapat surat keputusan dari Presiden dan kemudian menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM.

Jika bisa dituntaskan secara cepat, Erick menerangkan Mees dan Eliano akan didaftarkan dalam laga tandang Timnas Indonesia ke Bahrain dan China pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pendaftaran pemain untuk agenda internasional yang akan berlangsung pada 10 dan 15 Oktober tersebut bakal dibuka dari 20-24 September.

“Kalau lewat dari tanggal 24 (September 2024) mereka tidak bisa main pada Oktober,” kata Erick.