Dari Kutilang, Terucuk hingga Jalak Kebo, Iriana Jokowi Lepas 300 Burung di IKN

JAKARTA - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) bersama melepaskan sekitar 300 burung hingga ikan di Embung MBH, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat 13 September.

Berdasarkan siaran pers Biro Pers Sekretariat Presiden via Antara, turut bersama Iriana Jokowi dalam acara ini para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Ratusan burung yang dilepas itu terdiri dari kutilang (pycnonotus aurigaster), tekukur (spilopelia chinensis), terucuk (pycnonotus goiavier) dan jalak kebo (acridotheres javanica).

Setelahnya, Iriana Jokowi dan anggota OASE KIM melakukan pelepasan 350 benih ikan nila merah.

Pelepasan burung dan benih ikan di embung tersebut diharapkan dapat menjaga ekosistem alam di kawasan IKN agar tetap terawat dengan baik.

Selain itu, Ibu Iriana juga melakukan penanaman pohon Pule (alstonia scholaris) di sisi embung untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan dan memperbaiki kondisi ekosistem di sekitar embung.

Hadir sebagai pemandu peninjauan tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Basuki menyampaikan  embung tersebut bermanfaat untuk konservasi air di kawasan IKN.

“Ini kapasitasnya 66 ribu meter kubik kedalaman 5-6 meter, gunanya adalah untuk konservasi air jadi ini semua air-air hujan yang ada di sekitar sini, ini semua ditampung di embung-embung,” kata Basuki.