Hong Kong Open 2024: Beda Nasib Leo/Bagas dan Fikri/Daniel

JAKARTA – Dua pasangan yang baru saja dirombak, Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin, berbeda nasib di turnamen Hong Kong Open 2024.

Pasangan pertama berhasil melewati babak perempat final turnamen dan mencapai semifinal ketiga mereka secara beruntun sejak dirotasi, sedangkan satu lainnya harus angkat koper.

Leo/Bagas lolos ke semifinal di Hong Kong setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan, Kim Gi-jung/Kim Sa-rang, dua gim langsung 21-13 dan 21-9 di Hong Kong Coliseum, Jumat, 13 September 2024, siang WIB.

"Poinnya terlihat jauh, tetapi secara pertandingan hari ini tidak mudah. Lawan adalah pemain senior yang sangat berpengalaman," ujar Leo selepas pertandingan seperti diterima dalam keterangan resmi PBSI.

Hasil ini membuat Leo/Bagas terlihat jauh lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan Fikri/Daniel. Leo/Bagas sejak dirotasi tercatat selalu berhasil mencapai semifinal dalam tiga turnamen beruntun yang dilakoni.

Semifinal pertama yang berhasil mereka pijaki adalah ketika turun di turnamen perdana mereka, Jepang Open 2024. Setelah itu, mereka kembali mencapainya di Korea Open 2024, di mana mereka kemudian mencapai final dan juara.

Kondisi berbeda dialami oleh Fikri/Daniel. Mereka juga telah melakoni tiga turnamen sejak formasi diubah. Namun, mereka baru menginjak dua semifinal sebelum kegagalan terbaru mereka di perempat final Hong Kong 2024.

Dua semifinal sebelumnya mereka capai masing-masing di Jepang dan Korea Open 2024. Saat di bermain Korea Open 2024, mereka gagal melaju ke babak final setelah ditekuk oleh Leo/Bagas.

Adapun di Hong Kong Open 2024, langkah mereka berhenti di delapan besar setelah takluk melawan unggulan ketiga asal Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, dalam duel dua gim langsung, 18-21 dan 17-21.

"Tiga turnamen ini tidak cukup bagus, tetapi tidak jelek juga. Kami ingin melangkah lebih jauh lagi. Semoga di China Open 2024 (kami) bisa mendapat hasil yang lebih baik," ujar Daniel.

China Open 2024 yang berlevel Super 1000 BWF akan berlangsung pekan depan, tepatnya 17-22 September 2024. Salah satu dari empat ajang bergengsi di BWF World Tour ini akan dihelat di Olympic Sports Center Gymnasium.