Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Voli Putri U-21 2025

JAKARTA – Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) resmi menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah dari Kejuaraan Dunia Voli Putri U-21 2025.

Induk bola voli internasional tersebut membuat pengumuman itu melalui situs resmi mereka pada Selasa, 10 September 2024.

"Kejuaraan dunia kelompok usia FIVB memberikan kesempatan luar biasa bagi bintang-bintang baru olahraga ini untuk berkompetisi di level tertinggi dan menunjukkan bakat mereka di panggung internasional," tulis FIVB di situs mereka.

Indonesia bersama empat negara lainnya yang akan menggelar tiga kategori berbeda mendapat jatah tuan rumah setelah melalui proses penawaran secara terbuka dan kemudian mendapat persetujuan dari Dewan Administrasi FIVB.

Empat negara lainnya yang ikut ditunjuk untuk menjadi penyelenggara kejuaraan dunia kategori berbeda putra dan putri tahun yang sama adalah Kroasia, Serbia, Uzbekistan, dan China.

Kroasia dan Serbia akan menjadi tuan rumah U-19 putri yang akan dihelat pada 7-20 Juli 2025. Adapun untuk tim putra kategori serupa akan berlangsung dari 21 Juli hingga 3 Agustus 2024 di Uzbekistan.

"Pada kategori U-21, Kejuaraan Dunia Putri 2025 akan berlangsung di Indonesia pada 4-17 Agustus 2024," demikian bunyi pengumuman dari FIVB di situs resmi mereka.

Sementara itu, untuk kategori putra U-21 akan berlangsung di China pada 18-31 Agustus 2024.

Kejuaraan dunia ini diselenggarakan dua tahun sekali dan telah memainkan peran penting dalam menghasilkan sejumlah atlet voli yang keluar sebagai juara Olimpiade dan dunia.

Pada tahun 2025, sebanyak 24 negara dari seluruh lima Konfederasi Kontinental akan bertarung memperebutkan trofi juara dunia di setiap kategori kelompok umur.