Begini Cara Menghapus Pengikut di X Tanpa Perlu Diblokir

JAKARTA - Di X, Anda mendapatkan kemampuan penuh untuk mengelola siapa yang ingin Anda ikuti, atau memutuskan siapa saja yang boleh mengikuti Anda. 

Cara mengetahui siapa diikuti 

Ketuk atau klik Following pada profil atau beranda Anda untuk melihat siapa yang telah Anda ikuti, yang ditampilkan dalam  daftar yang diikuti. Dari sana, Anda dapat  berhenti mengikuti akun akun tertentu dengan mengklik opsi Unfollow. 

Cara mengetahui siapa yang mengikuti Anda

Untuk mengetahui siapa saja akun Anda, pergi ke halaman profil dan buka tab Followers. Secara default, X bahkan bisa mengirimkan email kepada Anda untuk memberi tahu Anda saat ada pengikut baru yang mengikuti Anda. 

Cara membatasi siapa saja yang mengikuti Anda

Anda dapat dengan mudah melindungi akun dari siapapun yang ingin mengikuti Anda. Caranya adalah Anda harus menjadikan akun sebagai pribadi atau private. Dengan demikian, akun lain harus meminta permohonan untuk mengikuti Anda, dan Anda bisa memutuskan apakah akun tersebut boleh mengikuti Anda atau tidak. 

Cara menghapus seseorang agar tidak mengikuti lagi

Di X, Anda dapat menghapus akun mana pun yang mengikuti Anda. Ada dua cara untuk menghapus seseorang, di antaranya adalah:

  • Daftar pengikut: Navigasi ke daftar pengikut Anda. Kemudian, temukan akun yang ingin Anda hapus dan ketuk atau klik ikon lainnya di sebelah kanan tombol Ikuti. Kemudian ketuk opsi Hapus pengikut ini, dan konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus akun dengan mengetuk atau mengklik Hapus.
  • Halaman profil: Cara kedua adalah dengan navigasi ke halaman profil akun yang ingin Anda hapus dari pengikut Anda. Ketuk atau klik  ikon lainnya dan pilih Hapus pengikut ini. Konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus akun dengan mengetuk atau mengklik Hapus

Harap perhatikan bahwa menghapus pengikut tidak akan mencegah seseorang untuk meminta untuk mengikuti akun Anda  lagi. Saat ini, fungsi untuk menghapus akun agar tidak mengikuti Anda hanya tersedia di web.