Ingatkan Cagub-Cawagub Jakarta, Heru Sebut Penanggulangan Banjir Harus Dilanjutkan

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengingatkan agar program pengendalian banjir harus dilanjutkan oleh calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta yang memenangkan Pilkada 2024.

"Jakarta, salah satu PR ke depan yang harus dijalankan, termasuk saya menjalankan terus, berkelanjutan program itu, adalah penanggulangan banjir," kata Heru di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Rabu, 11 September.

Dalam program pengendalian banjir, Heru menegaskan dirinya turut meneruskan pembangunan normalisasi Sungai Ciliwung yang sempat mandek selama beberapa tahun.

Saat kepemimpinannya, Pemprov DKI menuntaskan proses pembebasan lahan di sejumlah bidang. Kemudian, pemerintah pusat lewat Kementerian PUPR mulai melakukan pelebaran sungai dan pembangunan tanggulnya.

"Kan seperti yang di Rawajati sudah proses, hampir selesai pembayaran. Fisik bahkan sudah dikerjakan oleh Kemen PUPR bersama dinas SDA," ungkap Heru.

Selain itu, pemerintah juga tengah merencanakan pembangunan tanggul pantai dan tanggul laut (Giant Sea Wall) untuk menahan air laut masuk ke daratan atau banjir rob.

Begitu juga dengan revitalisasi atau peremajaan pipa air bersih yang menurut Heru mesti dilakukan.

"Saya mulai tahun kemarin dan tahun ini, bisa 6000 kilometer pipa, baik itu primer maupun sekunder. Ini harus dilanjutkan," ucap Heru.

"Yang ketiga berikutnya penanggulangan kemacetan. Keempat adalah masalah kesehatan, perawatan infrastruktur. Kelima yang agak susah, masih PR itu transportasi, kemacetan, polusi," pungkasnya.