Purnatugas jadi Menteri Jokowi, Basuki Hadimuljono Ingin Mengabdi di Dunia Pendidikan

JAKARTA - Basuki Hadimuljono akan segera purnatugas sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Oktober 2024 mendatang.

Diketahui, ia sudah menjabat sebagai Menteri PUPR selama satu dekade di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Awak media pun sempat menanyakan kepada Basuki apa yang akan dilakukannya usai tak lagi menjabat sebagai Menteri PUPR.

Dia pun langsung tertawa mendengar hal tersebut.

"Ya, nanti saya, kan, bisa ngajar," ujar Basuki sembari tertawa saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 September.

Namun demikian, Plt Kepala Otorita IKN itu enggan memberikan komentar lebih lanjut terkait hal tersebut.

Intinya, kata Basuki, dirinya hanya ingin mengajar untuk mengisi masa pensiunnya.

"Saya ingin ngajar, 1 pelajaran saja," imbuhnya.

Adapun Basuki Hadimuljono menjadi Menteri PUPR selama dua periode pemerintahan Presiden Jokowi atau sejak 2014.

Basuki juga menjadi orang kepercayaan Presiden Jokowi dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Belakangan, setelah Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mundur pada Juni 2024, Basuki ditunjuk Jokowi sebagai Plt Kepala Otorita IKN.

Ia merupakan seorang pejabat yang memulai karirnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Pekerjaan Umum. Saat itu, usianya masih 25 tahun.

Di instansi ini, Basuki mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister dan doktor dengan beasiswa di Colorado State University, Amerika Serikat.

Pria kelahiran Surakarta, 5 November 1954 itu menyelesaikan pendidikan magisternya di usia 35 tahun dan mendapat gelar doktor pada 38 tahun.

Setelah itu, dia pun kembali ke Indonesia dan menjabat beberapa posisi penting.

Mulai dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum untuk periode 2005-2007.

Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum hingga menjadi Direktur Jenderal Penataan Ruang di Kementerian Pekerjaan Umum.

Setelah lebih dari 31 tahun mengabdikan diri untuk Kementerian Pekerjaan Umum, Jokowi akhirnya mengangkat Basuki sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 2014 silam dalam Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

Menunjukkan kinerja yang optimal, Basuki pun kembali dipercaya Jokowi untuk menjadi Menteri PUPR untuk kabinet Jokowi Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Sebelumnya, Basuki meneteskan air mata saat mengucapkan salam perpisahan kepada Komisi V DPR, pada Senin, 9 September 2024.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Komisi V DPR yang telah mengawasi kinerja Kementerian PUPR selama 10 tahun terakhir ini.

"Ibu/bapak Komisi V DPR RI yang terhormat dan kami hormati, saya atas nama keluarga besar PUPR termasuk balai-balai yang ada di seluruh provinsi mengucapkan terima kasih atas semua pengawasan yang bapak berikan, atensi yang diberikan kepada PUPR," ujar Basuki.

Menurut Basuki, rapat kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI sangat membantunya dalam bekerja.

"Walaupun setiap rapat, berangkat saya pasti mules. Tapi, ternyata raker itu sangat membantu, sangat mendorong saya khususnya sebagai menteri untuk koreksi kepada para pimpinan, eselon I kami," tuturnya.