Penjurian FFWI 2024 Mengerucut, Mencari Noominasi Usai Tentukan Film Pilihan

JAKARTA - Menjelang acara puncak Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) pada November 2024, Dewan Juri Awal telah menuntaskan seleksi awal judul-judul film pilihan yang akan dinilai dalam tahap nominasi.

Terdiri dari 21 wartawan bidang seni, budaya dan film, Dewan Juri telah menonton film-film yang ditayangkan di bioskop atau layanan video berlangganan dalam kurun waktu sejak 1 Oktober 2023 sampai dengan 31 September 2024.

“Rapat pleno penjurian untuk tahap nominasi akan dimulai pada minggu kedua Oktober untuk memberi waktu kepada para juri untuk menonton film-film yang masuk ke dalam daftar pendek (shortlist),” jelas Direktur Penjurian FFWI 2024 Tertiani ZB Simanjuntak.

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, mekanisme penilaian berlangsung selama tahun penjurian dan dilakukan berdasarkan genre film. Yang berbeda, ujar Tertiani, pada tahun ini para juri dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan genre film sehingga menjadi lebih fokus dalam memberi penilaian.

“Setiap juri telah menerima buku pedoman penilaian dan mengikuti sosialisasi tentang tata cara dan mekanisme penilaian, yaitu dengan menggunakan skor atau angka sehingga kita bisa mendapatkan hasil akhir yang lebih kredibel," katanya.

Selama tahun penjurian ini, Dewan Juri Awal menonton 54 film bergenre horor, 38 film drama, dan 10 film komedi serta belasan judul dari ketiga genre tersebut yang hanya tayang di layanan video berlangganan. Sayangnya, hanya ada lima judul film dari genre laga yang rilis pada tahun penjurian ini, sehingga diputuskan untuk tidak mengadakan penjurian bagi genre tersebut.

Memasuki perhelatan tahun keempat, FFWI mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media di bawah Ditjen Kebudayaan dan menjadi platform yang ideal untuk merayakan kekayaan dan keberagaman dalam perfilman Indonesia.