Sebanyak 40 Medali Emas Diperebutkan Cabor Menembak di PON 2024

JAKARTA – Cabang olahraga (Cabor) menembak akan memperebutkan total 120 medali yang terdiri dari 40 medali emas, 40 medali perak, dan 40 medali perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut.

Pada ajang empat tahunan ini, cabor menembak berlangsung di Lapangan Tembak Rindam IM Mata Ie, Aceh Besar, mulai Selasa, 10 September 2024.

Ketua Technical Delegate Cabor Menembak, Henry Indrayani Oka, mengungkapkan bahwa sebanyak 33 provinsi akan berpartisipasi dalam pertandingan ini dengan total 316 atlet.

"Sistem penilaian yang digunakan adalah elektronik otomatis. Jadi, setiap kali atlet menembak, nilai langsung muncul di monitor," katanya dalam keterangan yang diterima.

Henry juga menambahkan bahwa fasilitas di arena pertandingan menembak sudah sangat memadai dan tidak akan ada kendala yang akan dihadapi oleh semua atlet.

"Lapangan dan peralatan sudah siap digunakan. Kami berharap atlet dapat menunjukkan performa terbaik dan memecahkan rekor nasional," kata dia lagi.

PON 2024 sudah secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 9 September 2024, malam WIB. Acara pembukaan pun berlangsung begitu meriah menampilkan sejumlah pertunjukan spektakuler.

PON XXI 2024 menjadi yang pertama kali dilaksanakan di dua provinsi sekaligus. Tahun ini PON melombakan 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan.

Pesta olahraga terbesar nasional ini juga menandai debut empat Daerah Otonomi Baru (DOB). Daerah-daerah dimaksud adalah Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan, serta kontingen dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebanyak kurang lebih 13 ribu atlet dari berbagai daerah bersaing dalam ajang olahraga terbesar di Indonesia itu yang berlangsung hingga 20 September 2024.