Jokowi Resmikan Tol Binjai-Langsa dan Kutepat Senilai Rp17,6 Triliun

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Jalan Tol Binjai-Langsa dan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) pada hari ini.

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, pada hari ini saya resmikan Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura dan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 3 dan 4 Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak di Provinsi Sumatra Utara," ujarnya dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 10 September.

Jokowi menyebut, ruas Tol Stabat-Tanjung Pura dibangun sejak 2020 sepanjang 26,2 kilometer (km) dengan anggaran mencapai Rp11,6 triliun.

Sementara untuk ruas Tol Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak dibangun sejak 2018 sepanjang 45,6 km dan menghabiskan anggaran sebesar Rp6 triliun.

Dengan demikian, pembangunan dua ruas tol tersebut menelan biaya sebesar Rp17,6 triliun.

Presiden bilang, jalan tol ini akan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatra sepanjang 2.994 km yang diharapkan sampai akhir 2024 sudah tembus 1.100 km.

"Khusus untuk jalan tol ini, tinggal 40 km lagi sampai ke Parapat di Danau Toba. Tinggal sedikit sekali," katanya.

Menurut Jokowi, kehadiran jalan tol ini akan mendorong tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru di koridor sekitarnya, menambah daya saing daerah serta sistem logistik mobilitas orang dan barang akan semakin cepat.

"Kalau dulu dari Medan ke sini menghabiskan waktu 3,5 jam sampai 4 jam, sekarang kira-kira 1,5 jam lebih sedikit," pungkasnya.