Apple Rilis Fitur Kesehatan di Apple Watch dan AirPods Pro 2

JAKARTA – Apple mengumumkan bahwa fitur kesehatan untuk tidur dan pendengaran telah diluncurkan. Masing-masing fiturnya ditambahkan ke Apple Watch dan AirPods Pro 2 untuk meningkatkan kesehatan pengguna.

"Fitur-fitur baru ini tersebar di seluruh produk, menghadirkan cara yang informatif dan ampuh untuk mendukung pengguna dalam hal kesehatan tidur dan pendengaran mereka untuk kondisi yang memengaruhi miliaran orang di seluruh dunia," kata Apple.

Fitur kesehatan tidur yang tersedia di Apple Watch fokus pada masalah apnea, sebutan untuk gangguan tidur yang menyebabkan napas terhenti beberapa kali saat tidur. Fitur ini akan menggunakan metrik Gangguan Pernapasan yang sudah ditingkatkan.

Pemberitahuan sleep apnea sudah tersedia di lebih dari 150 negara dan wilayah yang menjadi pasar dari Apple Watch, termasuk AS, Uni Eropa, dan Jepang. Namun, fitur ini belum mendapatkan izin. Apple mengatakan bahwa perusahaannya sedang menunggu izin dari otoritas kesehatan global, termasuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di AS.

"Gangguan Pernapasan adalah metrik Apple Watch yang menggunakan akselerometer untuk mendeteksi gerakan kecil di pergelangan tangan," ungkap Apple. "(perangkat ini akan) menganalisis data gangguan pernapasan dan memberi tahu pengguna jika data tersebut menunjukkan tanda-tanda sleep apnea."

Sementara itu, fitur Tes Pendengaran yang menjadi alat pendeteksi masalah pendengaran all-in-one pertama di dunia telah ditambahkan ke AirPods Pro 2. Fitur ini tervalidasi secara klinis bersama fitur Alat Bantu Dengar, tetapi masih menunggu izin pemasaran dari otoritas kesehatan global.

"Apple memperkenalkan tes pendengaran tingkat klinis yang intuitif berdasarkan pendekatan klinis standar yang disebut audiometri nada murni," jelas Apple. "Pengguna dapat mengikuti tes yang praktis ini dalam waktu sekitar lima menit dari rumah mereka sendiri."