Apple Buka Bangunan Baru di Apple Park untuk Peluncuran iPhone 16

JAKARFTA - Apple telah meresmikan bangunan baru di kompleks Apple Park, yang dikenal sebagai The Observatory, sebuah ruang bawah tanah yang dirancang untuk demonstrasi produk, termasuk iPhone 16. Selain bangunan utama dan Steve Jobs Theater yang sering digunakan untuk acara peluncuran, The Observatory menjadi tambahan baru yang akan diperkenalkan pada acara "Glowtime" .

Bangunan ini pertama kali diungkapkan melalui serangkaian foto yang dipublikasikan oleh Dezeen. The Observatory dirancang sebagai "ruang kontemplatif" yang akan digunakan untuk memamerkan produk-produk terbaru Apple selama acara peluncuran.

John De Maio, Kepala Desain Global Apple untuk real estate dan pengembangan, menyatakan bahwa bangunan ini dirancang agar selaras dengan lanskap Apple Park, mengikuti pendekatan integrasi yang mulus dengan alam.

Meskipun berada di bawah tanah, bangunan ini jauh dari kesan gelap atau menyeramkan. Sebaliknya, dengan bahan seperti batu alam, terrazzo, dan kayu, serta pintu masuk besar berbentuk lingkaran, The Observatory memberikan nuansa hangat dan alami. Sebuah oculus berdiameter tiga meter di bagian atas memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam bangunan.

Ruang utama di dalam The Observatory juga memberikan kesan yang luas dan nyaman, dengan banyak tempat duduk serta tanaman pot, mirip dengan estetika area publik di Apple Store. Ruang ini juga memiliki teras dengan pintu yang menghubungkan langsung ke Apple Park, menciptakan pengalaman yang unik bagi para pengunjung.

Proses pembangunan The Observatory sangat memperhatikan lingkungan, menggunakan energi terbarukan 100 persen selama konstruksinya. Meskipun sekitar 90 pohon harus dipindahkan, semua pohon tersebut kemudian ditanam kembali setelah proyek selesai.