Sedikitnya 14 Orang Tewas Akibat Serangan Israel Terhadap Suriah

JAKARTA - Sedikitnya 14 orang tewas pada Minggu malam dalam beberapa serangan Israel yang menargetkan sekitar Masyaf, kota di Provinsi Hama, Suriah, lapor kantor berita pemerintah.

Dua sumber intelijen regional mengatakan, sebuah pusat penelitian militer utama untuk produksi senjata kimia yang terletak di dekat Misyaf diserang beberapa kali. Diyakini, itu menampung tim ahli militer Iran yang terlibat dalam produksi senjata.

Tidak ada komentar langsung dari Israel, yang biasanya tidak mengomentari laporan khusus tentang serangan di Suriah.

"Sekitar pukul 23:20 pada Minggu malam, musuh Israel melancarkan agresi udara dari arah Lebanon barat laut, menargetkan sejumlah lokasi militer di wilayah tengah (Suriah)," kata seorang sumber militer kepada kantor berita SANA, melansir Reuters 9 September.

"Sistem pertahanan udara kami berhasil menghadang rudal agresi dan menembak jatuh beberapa di antaranya," tambah sumber itu, tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Sementara itu, seorang pejabat kesehatan setempat yang dikutip SANA mengatakan 43 orang terluka, termasuk beberapa yang kritis, akibat serangan tersebut.

Media pemerintah Suriah juga melaporkan, serangan itu menyebabkan dua kebakaran, yang sedang dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Diketahui, sejak serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap warga sipil dan tentara Israel, Israel telah meningkatkan serangannya terhadap target milisi yang didukung Iran di Suriah dan juga menyerang pertahanan udara tentara Suriah dan beberapa pasukan Suriah.