Ini Dia 5 Alat untuk Mengubah URL Browser Jadi Lebih Pendek

JAKARTA – URL atau alamat situs web cenderung panjang karena berisi informasi spesifik mengenai konten yang dimuat di halamannya. Semakin panjang alamatnya, URL yang disalin akan sulit terlihat rapi saat dibagikan.

Beruntungnya, zaman sudah semakin canggih dan saat ini ada banyak alat untuk menyederhanakan atau membuat URL menjadi lebih pendek. Bahkan, pengguna juga bisa mengubah URL dengan judul yang mudah diingat agar bisa dikunjungi tanpa kendala.

Dilansir dari Makeuseof, alat pertama yang bisa menyederhanakan URL adalah Bitly. Alat ini paling dikenal karena pengguna bisa menggunakan fiturnya tanpa perlu berlangganan meskipun terbatas. Saat menggunakan alat ini, alamat akan diawali dengan bit.ly, lalu diikuti dengan keterangan yang pengguna tambahkan.

Alat berikutnya adalah URL Shortener. Alat ini juga cukup populer karena pengguna bisa mempersingkat tautan tanpa perlu mendaftarkan akun. URL Shortener hadir dalam bentuk ekstensi browser dan terintegrasi dengan beberapa domain dasar. Pengguna bisa memilih domainnya, seperti tinyu.rl, bit.ly, dan lainnya.

Selanjutnya, pengguna bisa menggunakan situs web Cuttly. Mirip seperti Bitly, alat ini dapat memperpendek URL dan mengubah tautan menjadi kode QR. Pengguna bisa memakai paket gratis selama 30 hari untuk mencoba seluruh fitur yang ada di dalamnya.

Jika Anda pengguna Mozilla Firefox, Anda bisa menggunakan ekstensi Link Shortener atau TinyURL. Keduanya bisa diunduh secara gratis dan mudah melalui halaman Add-Ons Firefox. Saat menggunakan salah satu ekstensi tersebut, pengguna bisa memilih domain dasar yang diinginkan.

Itu dia beberapa alat yang bisa digunakan untuk membuat URL menjadi lebih pendek. Anda bisa mencari situs web lainnya di Google Search atau mengunduh ekstensi menarik lainnya di browser yang biasa Anda gunakan, baik Chrome maupun Firefox.