Almarhum Faisal Basri di Mata Chatib Basri: Beliau Guru Sekaligus Senior Saya

JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri turut berdukacita atas wafatnya Faisal Basri.

Secara pribadi, ia mengenang sosok Faisal Basri saat menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

"Bang Faisal ini adalah senior, kawan, dan guru saya sebetulnya. Saya sempat mengambil mata kuliah dari Bang Faisal. Beliau adalah teladan sebenarnya, bukan hanya dalam soal ekonomi, tapi juga bagaimana soal integritas, sikap sederhana, kemudian sikap kritis," ujar Chatib saat di rumah duka, Kamis, 5 September.

Menurut Chatib, sosok Faisal Basri adalah satu dari ekonom yang bicara secara kritis dan tajam, di mana kritikan dari Faisal memberikan sesuatu yang paling baik buat Indonesia.

"Jadi buat saya, di samping soal personal karena ini teman dan senior saya, guru saya, tapi saya kira ini ada kehilangan besar sekali buat Indonesia, kita butuh orang-orang seperti Faisal karena saya tetap percaya bagaimana pun bentuknya, kritik atau feedback itu akan menyalamatkan pembangunan," ujarnya.

Chatib Basri menilai Faisal Basri merupakan ekonom yang memiliki peran besar di Indonesia, dengan mengawal pembangunan ekonomi agar selalu dapat menyejahterakan masyarakat.

"Jadi Bang Faisal sudah memainkan role di sana yang luar biasa dan menjadi teladan untuk integritas," kata Chatib Basri.