Ciptakan Suasana Betawi, Ridwan Kamil Ingin Bangun Homestay di Setu Babakan

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil ingin membangun homestay-homestay di kawasan kampung Betawi di Setu Babakan, Jakarta. Wacana ini dimaksudkan agar wisatawan mencintai suasana kampung Betawi seperti rumah sendiri.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat menyambangi Kampung Wisata Betawi di Setu Babakan sekaligus bersilaturahmi dengan mantan Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo atau Bang Foke.

"Kalau kampungnya kita tata menjadi kampung destinasi maka wisatawan itu senang berinteraksi dengan warga kampung kan, pada saat dia jatuh cinta di kampung itu dengan suasananya ada pilihan balik lagi nginep di hotel biasa atau nginep di homestay," ujar Ridwan Kamil di Setu Babakan, Rabu, 4 September.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu pun mencontohkan seperti di Kampung Kuningan. Dia bilang, suasana menginap jadi hangat karena terasa seperti rumah sendiri.

"Saya pernah melakukan itu di kampung Kuningan, kan sudah ada di booking.com kan Rp300 ribu, kira-kira begitu, di sini nanti menyesuaikan. Kelebihannya apa? Malamnya ngobrol sama pemilik rumah, paginya ngobrol sama pemilik rumah kan, mungkin tahun depannya ngelamar anaknya. Jadi macam-macam," kata RK.

Poinnya, lanjut RK, kembali ke sila ke-5 yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Yaitu ekonomi Jakarta jangan hanya dimiliki oleh konglomerasi dan korporasi tapi warga kampung juga.

"Asal negaranya hadir mengelola pariwisata kampung, potensi ekonomi homestay menginap di kampung. Jangan ngomongin harga, tapi menyesuaikan pasar," kata RK.

"Misalnya gini, saya di Setu Babakan, ada pilihan saya balik lagi ke Simatupang nginep atau ke rumah ibu, lantai dua nya kosong, rapi. Saya dulu waktu jadi gubernur di Jawa Barat, dulu ibu Erha saya kasih hibah supaya kamarnya dirapikan, kamar mandinya kelas bintang 3 kan, sehingga pagi-pagi pengen sarapan di depan kita itu masak ke hotel balik lagi mending nginep di situ. Nah, gagasannya itu, mungkin ini salah satu proyek pertama di Babakan ini bisa jadi homestay kampung wisata Betawi," sambungnya.